Ateis Richard Dawkins Mengaku Seorang Kristen Sekuler
Sumber: Karmajello.com

Internasional / 28 May 2014

Kalangan Sendiri

Ateis Richard Dawkins Mengaku Seorang Kristen Sekuler

Lori Official Writer
5495

Sebuah pernyataan mengejutkan terlontar dari ilmuwan jenius Richard Dawkins yang telah mengklaim diri sebagai ateis. Namun baru-baru ini, secara tersirat ia malah mengaku adalah seorang Kristen sekuler.

Dalam sebuah festival sastra di Wales, Profesor Inggris ini menunjukkan ketertarikannya terhadap upacara religi disepanjang acara. Kendati masih tetap enggan meyakini adanya kekuatan supernatural. “Saya akan menggambarkan diri saya sebagai seorang Kristen sekuler dengan arti yang sama seperti Yahudi sekuler yang memiliki perasaan terkait nostalgia dan upacara-upacara,” ujar Dawkins seperti dirilis Christianpost.com, Minggu (25/5).

Dawkins mengaku sulit percaya bila seseorang yang tidak punya supernatural, menyebut dirinya seorang menteri. “Tapi saya seorang Kristen sekuler, jika Anda ingin memanggil saya dengan sebutan itu”.

Atas pernyataan itu, pria berusia 73 tahun itu dinilai tengah mengalami sentuhan mujizat dalam dirinya. Padahal, di salah satu buku larisnya yang berjudul The God Delusion, Dawkins menulis karakter Allah Perjanjian Lama sebagai sosok pencemburu, kecil, tidak adil, tak kenal ampun, rasis serta pendendam. Selain itu, ia juga pernah menyatakan keraguannya terhadap kebenaran agama. Hal ini disampaikan saat menggelar debat dengan mantan Uskup Agung Canterbury Rowan Williams pada Januari 2014 lalu.

“(Agama) Ini adalah penghiatan intelek, penghianatan terhadap segala hal terbaik yang membuat kita menjadi manusia,” tandas Dawkins di depan para hadirin dalam debat.

Keyakinan terhadap Allah timbul dari iman percaya, sekalipun tidak melihat namun percaya. Sebab Allah itu nyata dan hidup, dan segala yang dipunyai manusia termasuk intelektual berasal dari Allah.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus Serukan Perlindungan Umat Katolik Palestina

Punya Modal Kecil? Cobalah Bisnis Ini!

Jack Bullan, Pemain Sasando di Hadapan Para Raja

Sindiran Mahfud MD: Ada yang Lempar Batu Sembunyi Tangan

Punya Modal Kecil? Cobalah Bisnis Ini!

Sumber : CP/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami