Goh Cheng Liang, Miliader Singapura Yang Bangkit Dari Kemiskinan
Sumber: Forbes

Career / 28 May 2014

Kalangan Sendiri

Goh Cheng Liang, Miliader Singapura Yang Bangkit Dari Kemiskinan

Puji Astuti Official Writer
6544

Banyak orang berpikir bahwa sukses harus di dukung oleh modal besar, tidak banyak orang miskin yang berani bermimpi besar karena dibayangi kesulitan uang. Namun tidak demikian dengan Goh Cheng Liang, salah satu miliader dari Negeri Singa.

Goh lahir di tahun 1928 dari keluarga miskin dengan empat bersaudara, ia bahkan tidka mengenyam bangku sekolah. Di masa mudanya ia menjual jaring ikan dan bekerja di toko untuk menyambung hidup. Tetapi kreatifitas, kerja keras dan kemauannya untuk belajar bisnis membuatnya melangkah menuju kepada keberhasilan.

Di tahun 1949, saat pemerintah Inggris melelang kelebihan persediaan cat dari Perang Dunia II, Goh membeli semuanya dengan harga yang sangat murah. Dengan buku kimia ditangannya, ia mulai mencampur beberapa pigmen warna dengan cat yang dibelinya dan membuat merek cat sendiri bernama Pigeon. Tanpa disangka, perang Korea terjadi dan Singapura membuat larangan impor, hal ini berdampak positif pada usaha cat milik Goh yang membuatnya untung besar.

Usahanya berkembang pesat, hingga datanglah sebuah kesempatan untuk membangun kerjasama dengan perusahaan cat asal Jepang Nippon Paint. Hal ini tidak disia-siakan Goh, ia pun mengambil resiko untuk membuat perusahaan patungan dengan pembagian 60-40 yang dinamai Nipsea Management Group. Dari tidak memiliki apa-apa, Goh kemudian menjadi miliader cat tembk dan membuat merek Nippon Paint terkenal di Asia. Kini perusahaan Nippon menjual produknya di 15 negara di luar Jepang, dengan 15000 karyawan dan pabrik di 30 lokasi.

Kemampuannya sebagai seorang wirausaha membuat Goh tidak cepat berpuas diri, ia tidak membiarkan satu peluang pun lewat begitu saja. Dia kemudian merambah bisnis properti, mulai dari hotel, mall hingga perumahan. Kemuda dia terus mengembangkan sayap di bidang logistik hingga pabrik makanan dan juga tambang.

Kini kekayaannya diperkirakan oleh Forbes mencapai 2,1 miliar dolar dan berada di urutan ke  8 sebagai orang terkaya di Singapura. Walau dirinya sudah jarang terlibat di usahanya secara langsung dan juga jarang terekspos oleh media, namun Goh tetap menjadi berita karena kemurahan hatinya dengan memberikan beasiswa dan dukungan dana untuk riset kanker dan pendidikan melalui Goh Faundation.

Goh Cheng Liang menjadi bukti hidup bahwa mereka yang tidak berhenti berusaha, pasti akan menemukan jalan menuju kesuksesan. Bagaimana dengan Anda? Apa yang menghalangi Anda untuk meraih mimpi terbesar Anda? Mulailah melangkah saat ini.

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami