Rahasia di Balik Membersihkan Buah dan Sayur

Entertainment / 24 May 2014

Kalangan Sendiri

Rahasia di Balik Membersihkan Buah dan Sayur

Yenny Kartika Official Writer
2981

Buah dan sayuran biasa (yang non-organik) mengandung pestisida yang disemprotkan selama proses penanaman hingga panen, dan meskipun terlihat bersih, sebenarnya masih terdapat sisa pestisida. Pada dasarnya tubuh masih bisa toleran terhadap pestisida dalam jumlah tertentu, namun bila berlebihan, pestisida dapat menyebabkan gangguan sistem saraf, kanker, ADHD pada anak, dan melemahkan sistem kekebalan.

Selain pestisida, buah dan sayuran juga telah berinteraksi langsung dengan cacing, pupuk pembasmi hama, dan beragam bakteri yang melekat. Bisakah Anda bayangkan betapa bahayanya jika buah dan sayur dikonsumsi tanpa dibersihkan dengan benar?

Sebenarnya bagaimana membersihkan buah dan sayur dengan hasil yang maksimal? Berikut tipsnya:

 

Cucilah dahulu, baru dikupas dan dipotong—jangan sebaliknya.

Memotong buah atau sayur dalam keadaan belum dicuci bisa menyebabkan kotoran di kulit terkena daging buah. Oleh karena itu, sangat disarankan mencuci kulit buah dan sayur terlebih dahulu sebelum mengupas dan memotong.

 

Gunakan air mengalir untuk kebersihan sayur dan buah yang optimal.

Merendam buah atau sayur dalam air di wadah hanya membuat kotoran kembali menempel pada kulitnya. Sebaliknya, dengan air mengalir, residu pestisida pada buah dan sayur bisa berkurang sebesar 20 hingga 70 persen karena aliran air melarutkan kotoran dan membuangnya langsung.

Sambil disiram aliran air, Anda perlu membolak-balik lipatan daun, menggosok-gosok batang, dan membuka sela-sela gumpalan misalnya pada bunga kol dan brokoli.

 

Beberapa jenis buah dan sayur sebaiknya direndam.

Namun banyak orang keliru karena mengira semakin lama merendam sayur dan buah dalam air, maka pestisidanya akan semakin banyak yang terlarut. Sesungguhnya, sayur dan buah tersebut justru akan menjadi layu.

Merendam yang dimaksud adalah membiarkan sayur dan buah terbenam dalam air yang dicampurkan sabun khusus food grade. Cairan ini mirip seperti sabun namun ampuh membersihkan paraffin (lilin) yang melekat pada kulit sayur atau buah. Ciri-ciri buah dan sayur yang terdapat paraffin adalah lapisan kulitnya tampak mengkilap.

Setelah direndam dalam cairan food grade, segera bilas sayur dan buah dengan air bersih supaya sisa sabun hilang.

 

Merendamnya dalam air panas.

Untuk memaksimalkan penghilangan residu pestisida, sebaiknya buah dan sayur juga direndam dalam air panas. Pestisida akan terurai dan terlepas ke dalam air dan uap air. Proses merendam dalam air panas ini berlangsung selama 2-5 menit saja, setelah itu segera angkat sayur dan buah, lalu bilas dengan air bersih.

 

BACA JUGA:

Rumah Tanggaku Serasa Neraka

5 Kebutuhan dalam Diri Manusia

Cara Bijak Memilih Biro Perjalanan Wisata Rohani

Pelacur yang Menemukan Secercah Harapan

Sumber : Berbagai sumber/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami