Tak Ada UN, Ujian Akhir Pun Tak Lebih Baik
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 20 May 2014

Kalangan Sendiri

Tak Ada UN, Ujian Akhir Pun Tak Lebih Baik

Theresia Karo Karo Official Writer
2779

Pemerintah memutuskan untuk meniadakan Ujian Nasional (UN) untuk menentukan kelulusan siswa Sekolah Dasar dan Madrasah. Sebagai gantinya, diselenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandard Daerah (UASBD). Ujian tahun ini tidak berstatus nasional dan kebanyakan soal dibuat di daerah, 75 persen dari daerah dan 25 persen dari Pusat.

UASBD digelar serentak di seluruh Indonesia hingga Rabu besok (21/5). Selama tiga hari berturut-turut, mata pelajaran yang akan diujikan antara lain, Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pemerintah DKI sendiri menargetkan 100 persen kelulusan. Kepala Dinas Pendidikan DKI Lasro Marbun mengatakan, “Target itu harus dapat dicapai dengan tidak adanya kecurangan dan kebocoran soal saat pelaksanaannya”. Dirinya juga berpendapat bahwa pelaksanaan ujian akhir tingkat SD ini memiliki kesulitan sendiri. Banyaknya pelajar yang takut dan kurang percaya diri dalam mengerjakan soal.

Lain lagi dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, yang terkendala dengan kurangnya sampul soal ujian. "Ada satu sekolah di Bantul kekurangan sampul ujian, nanti pada hari ketiga -Rabu besok- akan diganti ujiannya. Sudah kita koordinasikan dengan pihak sekolah," kata Kadisdikpora DIY Baskoro Aji di kantornya. Secara umum tidak ada masalah dalam pelaksanaan Ujian tingkat Sekolah Dasar di Yogyakarta.

Untuk masalah pengawas, dilakukan dengan model silang, artinya sekolah lain yang akan mengawasi pelaksanaan ujian di satu sekolah. Mengenai kebocoran, baik DIY dan DKI memprediksi bahwa kecil kemungkinannya. Sebab pengawasan dilakukan dengan pihak terkait. Sebagai informasi, peserta UASBD mencapai 152.941 siswa dari 3.407 sekolah dan jumlahnya lebih banyak dari peserta UN SMP dan SMA.



Baca Juga Artikel Lainnya:

Jusuf Kalla Jadi Cawapres Jokowi

Dilema Golkar dan Demokrat

Hari ini, Gerindra Deklarasi Capres-Cawapres

SBY : Demokrat Pilih Tak Memihak & Siap Jadi Oposisi




Sumber : Okezone/Kompas.com by Theresia Karo
Halaman :
1

Ikuti Kami