Jokowi Pastikan Kepsek SDN 09 Makasar Dipecat
Sumber: Kompasiana.com

Nasional / 6 May 2014

Kalangan Sendiri

Jokowi Pastikan Kepsek SDN 09 Makasar Dipecat

Budhi Marpaung Official Writer
3847

Sebagai bentuk pembinaan terhadap manajemen sekolah, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah memerintahkan Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar (Kasudin Dikdas) Jakarta Timur Nasrudin agar segera memecat Sri Hartini dari jabatan sebagai Kepala Sekolah SD Negeri 09 Makasar, Jakarta Timur.

"Kepala Sekolah jelas harus bertanggungjawab. Dan saya perintahkan untuk segera dicopot," ujar Jokowi pasca mengunjungi kediaman orangtua Renggo, bocah kelas 5 SD yang meninggal akibat dianiaya kakak kelasnya, beberapa saat lalu.

Mantan Walikota Solo ini mengatakan bahwa pemecetan Sri Hartini bukan tanpa alasan kuat. Pasalnya di SDN 09 Makasar yang menjadi pengawas peserta didik adalah sang ibu Kepsek.  

"Loh, sekarang manajemen kontrolnya itu di siapa? Tidak mungkin (tidak tahu), yang paling dekat siapa? Dia harus bertanggungjawb. Ini manajemen personalia yang harus kita mulai, yang berada di lingkungan itu harus tanggungjawab," jelas Jokowi. 

Suami dari Iriana tersebut berharap pemecetan Sri Hartini dapat menjadi pelajaran bagi para guru atau kepala sekolah lainnya agar lebih mengawasi dan melakukan pembinaan terhadap para siswa/i yang belajar di sekolahnya. 

Seperti telah ramai diberitakan, Renggo Khadafi (11), siswa kelas V di Makasar, Jakarta Timur, menghembuskan nafas terakhir tidak lama setelah korban diduga dianiaya oleh kakak kelasnya berinisial SY. Berdasarkan pengakuan Yessi - kakak korban, adiknya Renggo dihajar karena ia telah menjatuhkan jajanan yang dipegang oleh pelaku.

Tindakan yang diambil oleh Jokowi bisa menuai pro-kontra, tetapi melihat tujuan mengapa ia melakukan itu, sepertinya kita semua patut mendukung langkah yang diambil oleh dia.

 

Baca juga: 

Jokowi: Buruh dan Pekerja Kita Harus Bisa Hidup Layak

4 Pelajaran Penting Dari Kisah Jalan Ke Emaus

My God / Kau Terhebat

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami