PGI Tidak Terlibat Dalam Penolakan Capres Tertentu
Sumber: pgi.or.id

Internasional / 6 May 2014

Kalangan Sendiri

PGI Tidak Terlibat Dalam Penolakan Capres Tertentu

Lois Official Writer
3184

Belakangan ini marak beredar pemberitaan bahwa Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) menyatakan bahwa mereka menolak Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden dalam pemilihan umum 2014, 9 Juli mendatang. Namun, hal ini dibantah sendiri oleh PGI dalam laman resminya.

“PGI, sebagai lembaga keumatan yang mengayomi umat Kristiani dari beragam kepentingan dan golongan, tidak ada dalam posisi mendukung atau menolak calon tertentu, baik dalam Pilkada, Pileg maupun Pilpres.  Sejauh ini PGI tidak ada memasuki ranah politik praktis. Selama ini, PGI hanya mendorong umat untuk menjadi pemilih cerdas dengan mengedepankan nurani masing-masing.” tulis Pendeta Henrek Lokra sebagai Kepala Biro Penelitian dan Komunikasi PGI.

Namun, PGI menegaskan bahwa keikutsertaan mereka dalam Gerakan Kebhinekaan untuk Pemilu Berkualitas (GKPB) memang benar. Tujuannya agar Pemilu bebas dari muatan SARA dan penyebaran kebencian.

Adapun pernyataan menolak Prabowo Subianto sebagai capres 2014 merupakan pernyataan GKPB, yang dalam setiap pernyataannya selalu mencantumkan nama-nama lembaga yang turut menyatakan dukungan. Namun, PGI sendiri tidak ikut serta karena sudah memasuki ranah politik praktis. “Terkait dengan pernyataan GKPB tentang penolakan PS sebagai Capres, sejak awal PGI menyebutkan ketidakikutsertaan PGI dalam pernyataan tersebut karena sudah memasuki ranah politik praktis.”

Poin yang dipermasalahkan GKPB adalah adanya frase yang dinilai akan menjuruskan pemaksaan terhadap tafsir agama yang tunggal. Frase itu adalah “Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama/kepercayaan. Namun pemerintah/negara wajib mengatur kebebasan di dalam menjalankan agama atau kepercayaan. Negara juga dituntut untuk menjamin kemurnian ajaran agama yang diakui oleh negara dari segala bentuk penistaan dan penyelewengan dari ajaran agama.”

“Kami mendoakan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden berjalan lancar dan damai serta adil. Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden adalah wujud kedaulatan rakyat. Tuhan Yesus memberkati.” Tutup pernyataan PGI tersebut.

 

Baca juga :

Ini Alasan Kenapa Pasangan Harus Konseling Pranikah

Sebelum Menyebar Gosip

Orang Kesepian Lebih Mudah Terserang Virus

The Other Woman, Wanita Korban Selingkuh Pun Bersatu

Forum : Mohon Doa Agar Anak Kami Dilahirkan dengan Selamat

Pilihan Popok Berdasarkan Budget dan Kegunaannya

Sumber : pgi.or.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami