Bahan-bahan Makanan yang Mudah Terserang Bakteri dan Virus (1)

Gizi & Nutrisi / 3 May 2014

Kalangan Sendiri

Bahan-bahan Makanan yang Mudah Terserang Bakteri dan Virus (1)

Budhi Marpaung Official Writer
6131

Peristiwa keracunan makanan sampai hari ini seringkali kita baca dan dengar dari media massa. Salah satu penyebab yang membuat ini terjadi karena makanan tersebut terserang bakteri dan virus. Oleh sebabnya, para dokter dan ahli gizi selalu menyarankankan agar makanan yang kita konsumsi harus melalui proses masak yang higienis dan benar.

Berdasarkan informasi dari Symtompfind, ada 10 makanan yang mudah terserang bakteri dan virus. Berikut daftarnya:

1. Daging Setengah Matang

Mengonsumsi daging sapi atau unggah yang diolah setengah matang bisa menyebabkan keracunan, terutama jika daging tidak dipastikan kebersihannya. Untuk itu agar lebih aman ada baiknya dimasak hingga matang.

Dalam daging sapi dan unggas yang mentah terkandung bakteri E coli, Salmonella dan Campylobacter. Bakteri ini sangat berbahaya karena dapat menurunkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jika anda memasak steak atau daging panggang, pastikan suhu internalnya mencapai 145 derajat, tapi jika dagingnya tebal masaklah hingga 160 derajat.

2. Kerang dan tiram

Memakan kerang dan tiram hanya sampai setengah matang bisa sangat berbahaya bagi Anda. Pasalnya, tiram membawa bakteri Vibrio vulnificus dan virus Norovirus, serta virus Hepatitis A. Untuk itu pastikan tiram, kerang dan remis dimasak sampai cangkang terbuka. Apabila tidak terbuka sebaiknya Anda membuangnya.

3. Tuna

Meski tergolong makanan yang enak, tetapi kita harus mewaspadai ikan tuna. Sebab, ikan tuna terkadang mengandung racun dengan tipe scombroid. Racun ini tidak bisa dihilangkan. Jadi kalau Anda sudah menduga ikan tersebut terkena racun sebaiknya Anda langsung membuangnya.

4. Tomat

Tomat merupakan salah satu bahan makan yang  sangat mungkin terkontaminasi salmonella khususnya jika dikonsumsi dalam kondisi mentah. Bahkan laporan Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kepentingan Umum AS menyebutkan bahwa tomat merupakan penyebab dari 31 wabah penyakit sepanjang 1990-2006.

5. Sayuran Hijau 

Meski makanan yang menyehatkan tetapi, sayuran hijau rentan terkontaminasi bakteri E Coli dan Salmonella. Mengapa? Karena biasanya sayuran hijau dimasak dalam peralatan masak yang sama dengan mengolah daging atau ikan yang dimasak secara tidak sehat. Oleh sebabnya, usahakan memasak sayuran hijau di tempat tersendiri atau jika memang ingin menggunakan di tempat yang sama dengan daging atau ikan, masaklah daging dan ikan sampai matang.

Demikian lima bahan makanan yang mudah terserang bakteri dan virus. Nantikan daftar lima bahan makanan lain di artikel selanjutnya.  

 

Baca juga: 

Dikerjai Virus Komputer, Pria ini Serahkan Diri ke Polisi

Memilih Konselor yang Tepat untuk Anak

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Terlalu Besar

Sumber : polahidupsehat.web.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami