Faktor-faktor Penting Memulai Bisnis Laundry
Sumber: Blogspot.com

Investment / 30 April 2014

Kalangan Sendiri

Faktor-faktor Penting Memulai Bisnis Laundry

Lori Official Writer
8085

Bisnis laundry atau cuci setrika pakaian menjadi salah satu bisnis yang sedang trend saat ini. Selain permintaannya yang semakin meningkat, kemudahan dalam menjalankan bisnis ini juga merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menggelutinya.

Dalam kondisi masyarakat yang serba sibuk, menuntut agar segala sesuatunya, termasuk persoalan pakaian dapat dilakukan secara praktis. Mereka yang kerap sibuk dengan aktifitasnya akan lebih memilih jasa laundry. Bisnis ini tak hanya menyasar kalangan menengah ke atas saja, tapi juga bagi berbagai kalangan termasuk kalangan mahasiswa dan pekerja.

Lalu apa yang diperlukan untuk memulai bisnis ini? Nah, bagi Anda yang berencana memulai bisnis ini, patut memperhatikan beberapa faktor ini.

 

Tempat/lokasi laundry

Tempat menjadi aspek penting bagi sebuah bisnis untuk dapat sukses. Dengan itu, diperlukan lokasi yang cukup strategis bagi pengusaha untuk menjangkau para pelanggan. Selain itu, tempat usaha juga harus menjamin ketersediaan air sebagai faktor penting keberlangsungan bisnis. Bila Anda terkendala biaya sewa tempat, bisnis ini dapat juga anda jalankan di rumah.

Sementara itu, pilihan lokasi juga sangat berpengaruh. Bila Anda hendak menyasar mahasiswa, maka lokasi dekat kampus akan lebih potensial. Sementara lainnya, anda dapat menyasar kalangan pekerja disekitar perumahan atau kos-kosan.  

 

Perabotan cuci dan sentrika

Dalam bisnis ini, fasilitas cuci dan setrika tak kalah penting untuk dipersiapkan. Anda patut menyediakan beberapa hal ini; cash register (mesin hitung uang), mesin cuci baju dengan kapasitas besar, mesin pengering baju, mesin setrika press besar, setrika tangan, rak jemuran dan rak pakaian.

Bagi pebisnis pemula yang masih belum mendapat orderan pakaian yang banyak, satu unit bagi masing-masing perabotan sudah cukup.

 

Modal awal

Meski terbilang sederhana, namun bisnis ini akan tetap membutuhkan berbagai biaya operasional, seperti biaya sewa tempat, biaya deterjen, pelunak cucian, air, listrik, pengharum pakaian, dan sebagainya.

Namun Anda dapat memangkas sejumlah biaya di atas bila memungkinkan, misalnya menjalankan bisnis dari rumah tentunya tidak perlu sewa tempat, atau menggunakan air tanah untuk memotong biaya air.

 

Tenaga kerja

Bisnis laundry akan sulit bila harus dikelola oleh satu orang satau, sehingga Anda perlu berpikir untuk mempersiapkan karyawan atau tenaga kerja yang dapat membantu anda mengelola usaha ini. Bila Anda adalah pekerja penuh waktu, merekrut karyawan sudah pasti harus anda lakukan. Sementara akan jauh lebih menguntungkan bila usaha ini dilakukan bersama dengan rekan anda.

 

Promosi

Persaingan yang semakin meningkat tentu membuat Anda harus lebih gencar mempromosikan usaha ini. Strategi pemasaran yang kini menawarkan media online dapat Anda manfaatkan. Bila Anda seorang mahasiswa, anda akan mudah menggaet teman-teman sebagai pelanggan. Selain itu, media sosial juga terbuka lebar untuk pemasaran usaha ini.

Memulai usaha memang tidak mudah, namun yakinlah bila anda mengerjakannya dengan keyakinan dan kemauan bekerja yang besar maka bukan mustahil bila usaha ini bahkan akan semakin berkembang dan meraup keuntungan besar. Salam sukses!


Baca Juga Artikel Lainnya:

3 Ide Bisnis Buah-buahan

Asuransi Kesehatan, Investasi Penting Keluarga

Usaha Mainan Edukasi, Mendidik Sekaligus Menguntungkan

Mahasiswa Produktifkan Diri Lewat Usaha Sampingan

Kesaksian Istri Seorang Debt Collector

Sumber : Kompas.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami