Sunpride, Buah Lokal Dengan Branding Global
Sumber: sunpride.co.id

Career / 23 April 2014

Kalangan Sendiri

Sunpride, Buah Lokal Dengan Branding Global

Puji Astuti Official Writer
6635

Serbuan produk impor tidak terbendung lagi, hal ini sudah jelas, termasuk dalam bidang holtikurtura seperti buah-buahan. Namun ditengah maraknya buah impor ada juga produsen buah lokal yang sukses, yaitu PT Sewu Segar Nusantara (SSN) dengan merek dagang Sunpride yang telah melekat dalam ingatan masyarakat.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata merek Sunpride merupakan produk lokal Indonesia, karena kata asing tersebut membuatnya terkesan berasal dari luar negeri. Sebab sebagian besar masyarakat saat itu masih berpersepsi bahwa buah yang bagus dan enak itu pasti dari luar negeri. Hal itu akhirnya masuk dalam business plan PT SSN dari Grup Gunung Sewu tersebut. Menurut CEO PT SNN, Martin Minar Widjaja merek Sunpride pada awalnya ditujukan untuk pasar ekspor. Namun karena mengalami beberapa hambatan, akhirnya perusahaan mencoba pasar lokal yang ternyata sangat besar.

Di tahun 1995, PT SNN mulai menjual pisang Cavendish. "Penjualan susah. Masyarakat sih mau kalau pisang mas, pisang susu, pisang kepok, dan lainnya. Pisang Cavendish belum umum. Ini pisang kayak plastik, mulus, mereka merasa aneh. Acceptance masih rendah sekali," demikian penuturan Martin yang diunggah dilaman Sunpride.co.id.

Namun dengan kegigihan, bahkan hingga membuka langsung lapak di pasar-pasar dan melakukan edukasi pasar, di tahun 2000-an merek Sunpride mulai dikenal dan bahkan menyasar masyarakat menengah ke atas.

Kini dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus membaik, masyarakat kelas menengah yang semakin besar, pangsa untuk buah-buahan semakin besar karena masyarakat mulai menyadari gaya hidup sehat. Saat ini PT SNN bukan hanya menjual buah pisang saja, namun juga buah-buahan yang lain seperti jambu tanpa biji, nanas, bahkan mulai melebarkan sayap pada sayuran lokal seperti wortel, kol, brokoli, sawi putih dan tomat.

Belajar dari apa yang telah ia lalui, Martin menyarankan kepada mereka yang ingin sukses dalam membangun usaha untuk mengejar apa yang menjadi passionnya. Seperti dirinya, passionnya adalah buah-buahan dan segala tantangan untuk mengembangkan buah-buahan di Indonesia.  
"Kalau kita ingin sukses di bidang apapun sebenarnya cari satu hal, cari passion kita ada di mana. Ikuti passion kita. Saya belum pernah bertemu orang yang tidak sukses karena ikutin passionnya, itu saja," demikian pemaparan Martin yang dikutip Sindonews.com.

Kini PT SNN bukan saja merajai Indonesia sebagai salah satu distributor buah yang terbaik dan terbesar, namun juga mulai merambah pasar eskpor. Di tahun 2014 ini, pisang Sunpride ditargetkan akan merambah Asia Tenggara, China dan Timur Tengah. Belajar dari kesuksesan Sunpride, apakah Anda berminat untuk terjun di bisnis holtikultura?

Baca juga artikel lainnya :

3 Ide Bisnis Buah-buahan

Berkebun Buah Tambah Pendapatan Pekerja Kantoran

Menyiasati Anggaran Kecil Untuk Buah dan Sayur

Karena Mujizat Tuhan Biaya Persalinanku Dapat Dilunasi

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami