Membangun Chemistry Dengan Anak Adopsi Memang Butuh Waktu

Parenting / 9 April 2014

Kalangan Sendiri

Membangun Chemistry Dengan Anak Adopsi Memang Butuh Waktu

Budhi Marpaung Official Writer
3588

Adopsi adalah salah satu cara yang sudah lazim dilakukan oleh para pasangan menikah yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan. Masalah yang biasa terjadi ketika suami-istri mengangkat seorang anak adalah bagaimana mendapatkan chemistry diantara kedua belah pihak.

Pendiri dan CEO Worldwide Orphans Foundation, Jane Aronson, M.D., mengatakan memang dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kedekatan yang kuat antara orang tua dengan anak angkat. Ini harus bisa dipahami karena sang anak sangat mungkin, dalam proses adaptasi dengan keluarga baru, merindukan wajah-wajah yang akrab baginya di tempat lama (panti asuhan).

Ketika rasa rindu itu terus ada, jangan kaget bila ia mengalami gangguan tidur dan makan. Sebab, seorang anak – apalagi anak angkat - perlu membiasakan diri lagi dengan suasana rumah dan interaksi keluarga barunya.

Berada di keluarga yang baru juga akan berdampak pada cara sang anak mengekspresikan kasih sayang. Makanya, tidak perlu terlalu kaget jika ia seolah menarik diri, tidak mau dipeluk, dan menghindari kontak mata pada awalnya. 

“Jangan menuntut anak angkat Anda balas mencintai dalam waktu singkat. Berikan dia waktu dan ruang gerak yang bebas, dan amatilah karakternya,” ujar Jane.

“Anak-anak lebih senang bermain bersama teman sebaya, yang lebih fun dan tidak memiliki ekspektasi apa-apa terhadap dirinya,” sambung ia.

Dengan kesabaran dan sikap penuh pengertian, tutur Jane, segalanya akan berjalan baik-baik saja.

Kedekatan hubungan tidak bisa dibangun dalam waktu semalam, melainkan butuh tempo sampai beberapa bulan atau bahkan hitungan tahun untuk membuat anak dekat dengan Anda dan pasangan, pungkasnya.

 

Baca juga : 

Bocah Yatim Piatu Florida Minta Diadopsi di Gereja

Join IMAGO Festival 2014 

Kopi Darat Forum JC 3 Mei 2014

Memilih Untuk Indonesia, Jingle Pemilu 2014 yang Menggreget

Pijakan yang Kuat

Sumber : parenting.co.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami