Bitcoin, Mata Uang Baru Dunia di Dunia Maya

Bitcoin, Mata Uang Baru Dunia di Dunia Maya

Lois Official Writer
2745

Bitcoin sudah ada di Indonesia sejak tahun lalu, namun belum banyak masyarakat yang mengenalnya. Pertanyaannya yang pasti adalah apakah itu bitcoin dan apa kegunaannya? Berikut penjelasan yang disajikan mengenai bitcoin, seperti yang dilansir dari liputan6.com :

Pengertian Bitcoin

Bitcoin yang dikemukakan / ditemukan oleh Satoshi Nakamoto ini merupakan mata uang virtual dimana orang bisa melakukan transaksi melalui perangkat elektronik seperti komputer atau gadget Anda yang lain.

Kelebihan Bitcoin

-Bentuk baru tabungan masyarakat dengan sistem yang tidak merepotkan. Para pemegangnya tidak perlu membayar biaya layanan dan registrasi.

Aturan kriptografi yang diterapkan pada bitcoin membuat para pemiliknya terhindar dari rawan pemalsuan.

-Tidak goyah karena kondisi politik di pemerintahan, tidak terpengaruh apapun sehingga menjadi pelindung dari inflasi, seperti layaknya emas.

Kekurangan Bitcoin

-Tidak berbadan hukum karena tidak dijamin oleh pemerintah atas berbagai transaksi yang terjadi di dalamnya.

-Mata uang yang bersifat spekulatif karena belum banyak perusahaan yang menawarkan pembelian dan penjualan produk dengan bitcoin.

-Karena merupakan bentuk file digital atau yang dikenal dengan sebutan wallet file yang disimpan di hard disk peralatan elektronik, hal ini sangat rentan pada kerusakan, pencurian virtual. Selain itu, virus juga dapat menyerang dan merusak data hard disk, sehingga bitcoin yang tersimpan dapat hilang. Resiko pemilik dapat menghapus tanpa sengaja pun bisa terjadi.

-Dapat disalahgunakan. Karena tidak dikontrol pemerintah atau lembaga keuangan yang berwenang, kondisi ini membuat tindakan kriminal seperti pencucian uang dan penghindaran pajak dapat dilakukan. Sebagian pengamat keuangan menganggap bitcoin sebagai mata uang illegal karena tidak didorong perundangan yang sah di mata hukum.

Bitcoin yang punya nilai tersendiri ini tak tergantung apapun sehingga semua orang di semua negara bisa memakainya. Namun, bitcoin sendiri punya kontradiksi dengan berbagai hal. Selain tidak sah di mata hukum, bitcoin juga dipertanyakan bidang agama. Apakah ini salah satu tanda akhir jaman? Penggunaanya kembali lagi dipertanyakan. Sebelum bertransaksi dengan bitcoin, perhatikanlah untung ruginya dan tanggung resiko yang ada.

 

Baca juga :

Yang Harus Dilakukan Setiap Sahabat

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Ucapan Suami yang Setia Saat Mabuk

Alat Canggih yang Digunakan Untuk Mencari MH370

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (2/2)

Sumber : liputan6.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami