Pernah Kecam Putin, Pria Ini Diduga Dibunuh Rusia
Sumber: tempo.co

Nasional / 28 March 2014

Kalangan Sendiri

Pernah Kecam Putin, Pria Ini Diduga Dibunuh Rusia

Lois Official Writer
3627

Boris Berezovky, seorang miliarder asal Rusia ditemukan tewas dalam kamar mandi rumahnya, di Ascot, Berkshire, sebelah tenggara Inggris, Sabtu (23/3/2013) setahun yang lalu. Pada lehernya, terlilit seutas tali. Berdasarkan penelitian ahli patologi forensic yang disewa putrinya, Elizaveta Berezovky, pria 67 tahun itu tidak meninggal bunuh diri tapi karena dibunuh.

Bukan hanya itu, Elizaveta-pun punya dugaan tentang pembunuh ayahnya. “Saya khawatir ayah dibunuh oleh utusan Kremlin,” ujar Elizaveta. “Karena dia selalu memperingatkan bila Putin berbahaya bagi dunia.”

Semasa hidup, Berezovsky pernah membantu Vladimir Putin kembali ke tampuk kekuasaan. Tapi dia kemudian mengasingkan diri ke Inggris pada 2000 sekaligus menjadi pihak oposisi pemerintah Rusia.

“Ahli patologi forensic itu yakin bila Berezovsky telah dicekik sampai mati oleh seseorang,” tulis independent.ie, Jumat (28/3/2014). Hal serupa juga dikatakan oleh ahli lain. Profesor Bernd Brinkmann menyatakan ada kemungkinan Berezovsky dicekik dan bukan mati gantung diri. Jika kasus bunuh diri, biasanya tersisa jejak tali berbentuk V pada leher, yang menunjukkan tali ditarik ketat ke atas. Namun pada leher Berezovsky, bekas tali itu hanya melingkar di sekitar leher.

Bukti yang dikeluarkan Brinkmann tersebut membuat petugas koroner, Peter Bedford, enggan memberikan pernyataan tegas. “Saya tidak pernah mengatakan dia bunuh diri atau pun dibunuh,” ujar Bedford. “Bukti yang saya miliki belum sepenuhnya memperlihatkan penyebab kematian Berezovsky.” Hingga saat ini, petugas koroner masih melakukan penyelidikan untuk membuktikan penyebab kematian Berezovsky.

Setiap keputusan pasti memiliki resikonya sendiri, seperti Berezovsky yang dulu pernah mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin, namun kemudian malah memposisikan diri berseberangan. Untuk itu perlu pertimbangan yang matang sebelum memberikan dukungan atau suara kepada seseorang yang akan memimpin sebuah bangsa. Pelajari rekam jejaknya, nilai-nilai kehidupannya dan juga kebijakannya.

Baca juga :

Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat

Lucia, Bayi 500 Gram di Kantong Sandwich

Divergent, Diburu demi Sistem Buatan Manusia

Yang Harus Dilakukan Setiap Sahabat

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Mata Menua Bisa Picu Depresi Bahkan Bunuh Diri

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami