Berbagai Spekulasi Tentang Penyebab Jatuhnya MH370

Nasional / 27 March 2014

Kalangan Sendiri

Berbagai Spekulasi Tentang Penyebab Jatuhnya MH370

Lois Official Writer
4012

Ada berbagai spekulasi yang muncul tentang penyebab jatuhnya MH370 yang masih menjadi misteri. Berbagai analisa dan spekulasi beredar. Namun semua tidak dapat dipastikan sampai ditemukannya kotak hitam pesawat yang diperkirakan jatuh di Samudera Hindia tersebut. Berikut beberapa spekulasi yang pernah ada :

Ada Lubang

Setelah pesawat itu sempat turun dari ketinggian 35.000 kaki ke 12.000 kaki, Boeing 777 itu mematikan radarnya. “Bisa saja turun untuk mendapatkan tekanan udara yang lebih tipis atau dekompresi,” ujar Ketua Tim Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Mardjono Siswosuwarno. Menurutnya, ada kemungkinan pilot menurunkan ketinggian karena badan pesawat berlubang. “Kalau tidak turun, mati semua.”

Alat Komunikasi Pesawat Rusak dan Mesin Bermasalah

Ikhwal berbeloknya pesawat ke koridor selatan menuju Samudera Hindia, Mardjono mengatakan bisa saja karena alat komunikasi pesawat rusak dan mesin bermasalah. Namun, “Banyak spekulasi dan fantasi. Lebih baik menunggu black box ditemukan,” ujarnya.

Kebakaran di Ruang Kokpit

Pilot Kanada yang berpengalaman selama 20 tahun, memiliki teori tentang jatuhnya pesawat ini. Chris Goodfellow menduga pesawat itu mencoba mendarat di Langkawi dan akhirnya jatuh ke selatan Samudera Hindia. Dalam teorinya, MH370 mengalami kebakaran di ruang kokpit. Api itu bisa muncul karena aliran singkat listrik atau ban yang panas setelah pesawat tinggal landas. Menghadapi krisis, awak pesawat memutuskan untuk berbelok ke Langkawi. Pilot pun memutuskan sirkuit seperti transporder sebagai usaha menghentikan sambaran api.

Namun teorinya ditentang oleh Greg Feith, mantan penyelidik kecelakaan National Transportation Safety Board. Menurut Feith, biasanya asap akan terlebih dahulu tercium sebelum api berkobar. Pada saat itu, pilot dapat mengenakan masker oksigen. “Jika sistem pesawat masih berfungsi, pilot pun bisa mengirimkan sinyal mayday,” ujarnya.

Kehabisan Bahan Bakar

Wakil Presiden Federasi Pilot Indonesia Ali Nahdi menyebut ada 2 kemungkinan pesawat ini melenceng ke Samudera Hindia. Yang pertama, kehabisan bahan bakar sehingga jatuh ke air. Kemungkinan kedua adalah terjadi ledakan di udara.

Unsur Kesengajaan

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dalam konferensi pers menyatakan hilangnya pesawat ini karena unsur kesengajaan. Seseorang di dalam pesawat, menurutnya, sengaja mematikan sistem sehingga pesawat tak terdeteksi dan komunikasi terputus. Atas dugaan ini, investigasi dilakukan antara lain dengan mengorek latar belakang awak dan penumpang.

Saat ini, semua pihak yang terlibat sibuk mencari kotak hitam yang diperkirakan berada di dalam samudera itu. Semua menanti, terutama keluarga penumpang MH370 menunggu kepastian selanjutnya. Benarkah keluarga mereka meninggal seperti yang diberitakan PM Malaysia, Najib? Apa penyebab sesungguhnya dari kejadian itu? Semuanya masih menunggu jawaban.

 

Baca juga :

Hindari Hal-Hal Ini Demi Ginjal yang Sehat

Hindari Pertanyaan / Pernyataan Ini Pada Para Jomblo

The Wind Rises, Mimpi Seorang Anak Ciptakan Pesawat

Moto 360, Jam Tangan Pertama yang Terintegrasi Google

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Tetap Mencintai Meski Terluka

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami