Walhi : 4 Tersangka 2013, Bakar Lahan Lagi di 2014
Sumber: antara

Nasional / 21 March 2014

Kalangan Sendiri

Walhi : 4 Tersangka 2013, Bakar Lahan Lagi di 2014

Lois Official Writer
3634

Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Riau menyatakan ada empat dari tujuh perusahaan di Riau yang sudah berstatus tersangka pada tahun 2013, kali ini kembali melakukan aktivitas pembakaran lahan. "Sudah ditetapkan menjadi tersangka pada tahun 2013, tetapi masih melakukan prilaku seperti itu pada tahun ini, parah nggak itu?" ujar Direktur Eksekutif WALHI Riau Riko Kurniawan di Pekanbaru, Kamis (20/3/2014)

Malahan menurut Riko, kondisi lahan terbakar kali ini justru lebih parah lagi sehingga sangat mengganggu kesehatan warga Riau. "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terpaksa turun tangan, sudah menyatakan aparat hukum di Riau harus menegakkan hukum bagi para pelaku terutama kooporasi yang membuka lahan dengan cara membakar. Jangan hanya masyarakat kecil yang selalu terjerat," tegasnya.

Di tahun 2014, menurut Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pada Selasa (19/3/2014) lalu, ada empat perusahaan yang terindikasi merupakan pelaku pembakaran di Riau. "Empat perusahaan yang terindikasi itu adalah TKW, RML, SG dan RUJ," kata Deputi Bidang Penaatan Hukum Lingkungan KLH, Sudariyono. TKW dan RUJ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang hutan tanaman industry, sedangkan RML dan SG di bidang kelapa sawit.

Menurut Data Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikahari) pada 2013, terdapat delapan kooperasi yaitu PT. Adei Plantation and Industry, PT. Jatim Jaya Perkasa, PT. Bumi Reksa Nusa Sejati, PT. Langgam Inti Hibrindo, PT. Sumatera Riang Lestari, PT. Sakato Prama Makmur, PT. Ruas Utama Jaya, dan PT. Bukit Batu Hutani Alam. "Baru satu yakni PT Adei Plantation yang sudah menjadi terdakwa di Pengadilan Negeri Pelalawan, sedangkan tujuh lagi belum jelas," kata Koordinator Jikahari, Muslim Rasyid.

 

Baca juga :

Nak, Ibu Ingin Bicara Tentang Memilih-Milih Perempuan

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Ibu Hamil dengan Teknik Ini

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : antaranews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami