Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)
Sumber: google.com

Entrepreneurship / 18 March 2014

Kalangan Sendiri

Tips Manajemen Desain Interior yang Baik (1/2)

Lois Official Writer
10714

Menjadi seorang manajemen dalam interior desain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar desain bisnis ini dapat memperoleh keuntungan yang lumayan sekaligus memberikan pelayanan terbaik buat pelanggan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan menurut Rosa Zulfikhar, seorang desainer interior yang menempuh pendidikan di Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan pernah mengerjakan berbagai proyek baik di Kartosuro, Solo, Jakarta, maupun Surabaya, yaitu :

Mampu Melakukan Administrasi Perencanaan Desain Interior

Fungsi-fungsi manajemen meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund) yang meliputi :

Memahami prakualifikasi konsultan

Tugas pokok manajemen keuangan antara lain meliputi keputusan tentang investasi, pembiayaan kegiatan usaha, dan pembagian deviden suatu perusahaan. Kegiatan lainnya menyangkut empat aspek yaitu :

1. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer lainnya yang bertanggung jawab atas perencanaan umum perusahaan.
2. Manajer keuangan harus memusatkan perhatian pada berbagai keputusan investasi dan pembiayaan, serta segala hal yang berkaitan dengannya.
3. Manajer keuangan harus bekerjasama dengan para manajer di perusahaan agar perusahaan dapat beroperasi seefisien mungkin.
4. Manajer keuangan harus mampu menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, di mana perusahaan dapat memperoleh dana dan surat berharga perusahaan dapat diperdagangkan.

Membuat dokumen penawaran

Tujuan membuat dokumen penawaran dalam desain interior adalah memaksimumkan nilai perusahaan. Jika perusahaan berjalan lancar, maka nilai saham perusahaan akan meningkat, sedangkan nilai hutang perusahaan dalam bentuk obligasi tidak terpengaruh sama sekali. Jadi dapat disimpulkan nilai dari saham kepemilikan bisa merupakan indeks yang tepat untuk mengukur tingkat efektifitas perusahaan.

Memahami tender konsultan

Dalam tender arsitektur tentu dibutuhkan perhitungan tender, misalnya berapa lama tender akan selesai, berapa biaya yang harus dikeluarkan, dan prediksi tentang nilai uang di masa yang akan datang dengan bunga tertentu.

Membuat kontrak kerja

Untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan, bisa dilakukan dengan kontrak kerja dan analisa laporan keuangan. Analisa dan kontrak kerja yang dilakukan mempunyai tekanan yang berbeda antara kreditor jangka pendek, kreditor jangka panjang, dan pemilik perusahaan. Alat analisa yang bisa digunakan untuk mengetahui kondisi dan prestasi keuangan perusahaan adalah analisa rasio dan proporsional.

Mampu Melakukan Administrasi Proyek

Dilakukan dengan dua cara yaitu memperhatikan data yang akan dineraca dan mengukur resiko hutang dari laporan laba rugi, misalnya seberapa banyak beban tetap hutang yang bisa ditutup oleh laba operasi. Analisa ini terdiri dari Debt Ratio, Times Interest Karned, Fixed Charger Coverage, dan Debt Service Coverage. Administrasi proyek meliputi :

Melakukan prakualifikasi kontraktor

Ditujukan agar sebuah proyek dapat berjalan sesuai rencana, tepat waktu, perhitungan nilai proyek yang wajar, sumber daya yang optimal pada awal perencanaan sehingga semuanya berjalan lancar.

Melaksanakan tender kontraktor

Hal ini mencakup semua aktifitas yang melibatkan perbandingan antara tingkat penjualan dan investasi pada berbagai jenis harta. Hal ini terdiri dari inventory turn over, periode pengumpulan piutang, fixed asset turn over, dan total asset turn over. Beberapa rasio yang digunakan rasio profitabilitas, rasio pertumbuhan, dan rasio penilaian.

Hal yang sebaiknya dihindari

Proyek molor melebihi dari perkiraan waktu
Kelebihan / kekurangan sumberdaya
Besarnya nilai proyek yang ditawarkan bisa terlalu tinggi dari permintaan sehingga sulit memenangkan tender.
dan lain-lain

Melakukan evaluasi penawaran

Dalam administrasi proyek tentu harus mempertimbangkan evaluasi penawaran perhitungan sederhana dengan menggunakan asumsi-asumsi biaya yang dapat menyebabkan membengkaknya nilai suatu proyek secara tidak wajar. Hal ini bisa dilakukan dengan aplikasi MS Project.

Membuat laporan tender

Laporan hasil tender sangat dekat kaitannya dengan pembelanjaan bahan dan anggaran lain, agar biaya tak terduga dapat diantisipasi saat ada kesalahan dalam bekerja.

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Nak, Ibu Ingin Bicara Tentang Memilih-Milih Perempuan

FreedomPop Buat Telepon Pintar Anti Penyadapan

Jalan Kaki Bisa Sehatkan Ibu Hamil dengan Teknik Ini

Tips Punya Keuangan Lebih Oke Meskipun Freelance

Jika Jatuh Cinta Pada Suami Orang

Sumber : blogspot.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami