Media Malaysia Kecam Berita Pilot Malaysia Airlines
Sumber: Jawaban.com

Nasional / 13 March 2014

Kalangan Sendiri

Media Malaysia Kecam Berita Pilot Malaysia Airlines

Lori Official Writer
5694

Pemberitaan media Australia tentang dua gadis cantik yang dipersilahkan masuk ke dalam ruang kabin pilot Malaysia Airlines pada 2011 lalu, membuat berang sebagian media Malaysia. Mereka menuding pemberitaan itu hanya didasarkan oleh desas desus.

Menurut Johan Jaffar, pimpinan perusahaan Media Prima, pemberitaan ini dinilai hanya sebagai jurnalisme kelas rendah. Senada itu, Nuraina Samad, mantan Redaktur Eksekutif News Straits Times Malaysia, menyayangkan berita itu telah tersebar luas lewat media Australia. “Ini membuat saya merasa ngeri. Ini adalah jurnalisme yang buruk dan murahan,” kata Nuraiman, seperti dilansir Tempo.co, Kamis (13/3).

Pemimpin Redaksi kantor berita Bernama, Azman Ujang juga menegaskan bahwa kebebasan pers sepatutnya tidak disalahgunakan. Lanjutnya, media patut bertanggung jawab atas pemberitaannya.

Sejak diterbitkan oleh media Australia, A Current Affair, Selasa (11/3), berita ini juga mengejutkan pihak maskapai Malaysia Airlines. Mereka pun mendesak media agar menghargai keluarga penumpang pesawat MH370 di tengah kondisi seperti saat itu. Kendati begitu, mereka tengah menyelidiki kebenaran berita itu.

“Kami belum bisa mengkonfirmasi keabsahan gambar dan video dari dugaan insiden. Seperti anda ketahui, kami berada ditengah-tengah krisis, dan kami tidak ingin perhatian kami dialihkan,” tulis pihak maskapai di laman resminya MalaysiaAirlines.com.

Dalam pemberitaannya, dua gadis asal Afrika Selatan, Jonti Roos dan Jaan Maree mengaku diajak masuk ke ruang kabin pilot oleh kopilot Fariq Abdul Hamid, yang juga turut berada dalam pesawat MH370 yang hilang. Keduanya bahkan dilaporkan merokok di dalam ruangan khusus pilot dan kopilot.

Saat ini baik pihak maskapai Malaysia Airlines dan pemerintah Malaysia dibanjiri oleh desakan dan kabar-kabar dari berbagai media, negara dan pejabat pemerintahan. Mereka justru mengajak agar berbagai pihak bekerja sama menuntaskan persoalan ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pesan Maira Elizabeth Nari untuk Sang Ayah, Kru Malaysia Airlines

Kepala CIA Duga Pilot Malaysia Airlines MH370 Bunuh Diri

Pengawasan Lemah, KPU Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

Objek yang Diduga Puing Malaysia Airlines MH370 Ditemukan

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Tempo.co/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami