Jalan Kaki, Buat Tubuh Sehat dan Hati Senang
Sumber: tumblr.com

Solusi Sehat / 13 March 2014

Kalangan Sendiri

Jalan Kaki, Buat Tubuh Sehat dan Hati Senang

Puji Astuti Official Writer
4894

Saat ini dengan banyaknya pilihan transportasi membuat aktivitas seseorang berkurang dan akhirnya mempengaruhi kesehatannya seperti meningkatnya obesitas dan serangan jantung. Pada hal dengan melakukan hal sederhana seperti jalan kaki dapat meningkatkan kualitas kesehatan seseorang.

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga erobik dan salah satu cara yang paling mudah untuk meningkatkan aktivitas. Karena dengan meningkatkan aktivitas fisik maka akan menguatkan fungsi jantung kita, dan meningkatkan sirkulasi darah serta oksigen di seluruh tubuh kita.

Untuk itu disarankan untuk memiliki waktu yang tetap untuk berjalan kaki setiap minggunya. Disarankan dua setengah jam setiap minggunya atau 30 menit setiap hari. Untuk jarak dan lama waktu serta kecepatan jalan kaki harus disesuaikan dengan usia dan tingkat kesehatan seseorang. Seperti untuk mereka yang telah lanjut usia atau penderita jantung tentunya tidak bisa terlalu cepat dan terlalu jauh. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukan olahraga jalan kaki :

- Bagi penderita jantung atau penyakit lainnya disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan aktivitas ini secara rutin. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum memberikan saran untuk Anda.

- Mulailah dengan pemanasan terlebih dahulu, jalanlah pelan-pelan di awal olahraga, semakin cepat dipertengahan dan kembali pelan saat akan mengakhiri.

- Untuk dapat terus termotivasi untuk olahraga ini Anda bisa mengajak teman atau sahabat bahkan binatang peliharaan Anda untuk berjalan bersama.

- Hitunglah langkah kaki Anda setiap kali berolahraga. Saat ini sudah banyak alat untuk melakukan perhitungan ini, untuk awal disarankan 2000 langkah dan terus tingkatkan setiap harinya.

- Lakukan jalan kaki secara rutin, setidaknya dua setengah jam setiap minggunya atau sekitar 30 menit setiap harinya.

Selain bermanfaat untuk kesehatan, jalan kaki juga berdampak pada sisi psikologis. Karena saat berjalan kaki, tubuh akan melepaskan hormon serotonon, hormon yang akan membuat seseorang merasa senang. Jadi, mengapa tidak kita coba untuk berjalan kaki setiap hari, tubuh sehat dan hati senang.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami