Pengawasan Lemah, KPU Temukan Ribuan Surat Suara Rusak
Sumber: tribunnews.com

Nasional / 11 March 2014

Kalangan Sendiri

Pengawasan Lemah, KPU Temukan Ribuan Surat Suara Rusak

Lori Official Writer
4122

Forum Masyarakat Peduli Parlemen di Indonesia (Formappi) menilai lemahnya pengawasan Komisi Pemilihan Umum (KPU) 2014 terhadap pencetakan surat suara. Pasalnya, ribuan surat suara Pemilu 2014 yang diterima KPU ditemukan dalam kondisi rusak.

Dari hasil pemantauan, Formappi menemukan surat suara tersebut dalam kondisi rusak, sudah tercoblos dan jumlahnya yang tidak sesuai. “Kondisi surat suara yang jumlahnya tidak sesuai, surat suara rusak dan sudah tercoblos, menunjukkan lemahnya quality control KPU terhadap perusahaan pemenang tender pengadaan surat suara, dan minimnya pengawasan,” kata Peneliti Formappi Lucius Karus, seperti dilansir Kompas.com, Senin (11/3).

Menjelang Pemilu 2014, Formappi mengingatkan agar KPU segera melakukan pemeriksaan perusahaan pencetak surat suara. Ia menegaskan agar menuntut perusahaan bilamana ditemukan adanya permainan politik dibalik pencetakan surat suara itu. KPU juga diharapkan agar segera melengkapi seluruh surat suara yang diminta dan didistribusikan ke daerah pemilihan sebelum Pemilu berlangsung.

Adapun surat suara yang ditemukan rusak oleh Formappi meliputi  daerah-daerah pemilihan seperti, Jakarta Pusat sebanyak 181, Kendal (Jawa Tengah) sebanyak 3200, Blitar (Jawa Timur) sebanyak 1211, Badung (Bali) sebanyak 4501, Sragen sebanyak 400, Sumenep sebanyak 300, Poso (Sulawesi Tengah) sebanyak 11869, Makassar (Sulawesi Selatan) terdiri dari 1500 surat suara. Sementara di Nias (Sumatera Utara) dan Papua yang rusak sebanyak 700 dan 26000 surat suara.

Menjadi harapan besar bagi seluruh pihak agar Pemilu 2014 yang bakal digelar pada 9 April 2014, dapat berlangsung dengan sukses dan kondusif. Begitu pula diharapkan agar KPU dapat memjamin proses demokrasi tersebut tidak menghadapi hambatan dalam penyaluran surat suaranya ke berbagai daerah pemilu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Tim SAR Gabungan Terus Lakukan Pencarian Boeing 777 Malaysia

Malaysia Airlines Hilang Bukan Karena Terorisme

Pesawat Hilang, Keluarga Korban Andalkan Iman dan Berharap

Pemberontak Suriah Bebaskan Tawanan Biarawati

Program Solusi Menginspirasi Hidupku

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami