Mantan Waria yang Sediakan Rumah Singgah Bagi Sesamanya
Sumber: tempo.co

Nasional / 8 March 2014

Kalangan Sendiri

Mantan Waria yang Sediakan Rumah Singgah Bagi Sesamanya

Lois Official Writer
4038

Yulianus Rettoblaut SH, membuat rumah singgah bagi sesamanya, para waria. Di rumahnya yang sederhana, yang terletak di kawasan Depok, sekumpulan waria berusia lanjut berkumpul. Ada sekitar enam waria yang tinggal di sana. Menurut Mami Yulie, panggilan akrab Yulianus, rumahnya dibuka bagi mereka yang lanjut usia dan mantan eks PSK yang ingin mencari pekerjaan baru.

Mereka akan mendatangkan mentor agama secara rutin. Tujuannya, mereka yang semula aktif menjajakan seks komersial dapat mencari pekerjaan lain yang positif dan pengarahan rohani yang baru.

“Menjadi pekerja seks merupakan pekerjaan yang tidak aneh bagi waria,” ujar Oma Yoti, salah satu penghuni rumah singgah yang sudah berusia 71 tahun. Namun, sekarang dia mengaku lebih menikmati hidup meskipun hanya berjualan pisang goreng ataupun nasi uduk.

Selain Yoti, ada pula Oma Hengky dan Oma Yuyun. Mereka semua pernah merasakan bagaimana pahitnya menjalani hidup sebagai waria. Namun mereka memutuskan untuk kembali menjadi laki-laki, meskipun sifat-sifat wanita mereka tetap ada.

Seorang mantan waria dapat memberikan terang bagi sesamanya. Meski mereka hidup sederhana sekarang, namun mereka lebih dapat menikmati hidup. Kehidupan memang unik. Ada yang mencari uang sebanyak-banyak namun tak pernah bahagia. Namun berbahagialah mereka yang selalu bersyukur atas apapun yang mereka punyai.

 

Baca juga :

Daripada Tabungan Bersama Untuk Menikah, Lebih Baik Lakukan Ini

Seberapa Besar Wadah yang Anda Punya?

Ulasan Lengkap Spesifikasi Samsung Galaxy S5

Manfaat Flossing Tidak Hanya Untuk Gigi Tapi Juga Sendi

Non Stop, Tiap 20 Menit Ada yang Tewas di Pesawat

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami