Warna Lidah Tunjukkan Beragam Penyakit

Serba-Serbi Sehat / 2 March 2014

Kalangan Sendiri

Warna Lidah Tunjukkan Beragam Penyakit

Yenny Kartika Official Writer
8567

Lazimnya, lidah manusia berwarna merah muda atau merah keputih-putihan. Kalau Anda menjulurkan lidah dan menemukan warna yang berbeda, bisa jadi itu indikasi suatu penyakit.

Berikut ini beberapa warna lidah yang tidak lazim yang menunjukkan pernyakit tertentu.

 

Lidah hitam

Konsumsi obat-obatan yang mengandung bahan aktif bismuth subsalicylate dapat menyebabkan lidah menjadi kehitaman. Selain itu, lidah hitam bisa jadi tanda penyakit diabetes.

 

Lidah merah cerah

Warna merah cerah pada lidah Anda bisa jadi merupakan indikasi kekurangan folat dan vitamin B12. Jika disertai rasa perih dan bengkak, mungkin Anda menderita glossitis atau peradangan lidah. Untuk mengatasinya, gunakan obat antijamur, antibiotik, atau kortikosteroid.

 

Lidah dengan bercak putih

Bercak putih ini yang muncul di lidah maupun di dinding mulut mengindikasikan adanya sariawan atau infeksi jamur. Jika bercak putih terus ada sampai 2 minggu, bahkan lebih, Anda sebaiknya menemui dokter. Sementara jika bercak putih bertahan sampai seminggu di mulut Anda, waspadalah, karena itu bisa jadi kanker.

 

Lidah agak pucat

Warna pucat di bibir dan lidah bisa jadi pertanda bahwa Anda kekurangan sel darah merah alias anemia. Pada wanita, anemia biasanya terjadi saat periode menstruasi tiba.

 

Meskipun  lidah Anda mungkin berwarna normal dan tidak menunjukkan tanda penyakit apapun, lidah perlu mendapat perhatian Anda. Sebuah studi dari University of Michigan School of Medicine menunjukkan, sekitar sepertiga spesies bakteri di lidah akan menetap di situ dan tidak akan berkembang pada bagian mulut lainnya.

Dengan tonjolan-tonjolan kecil yang terdapat di permukaan lidah, bagian ini menjadi tempat berlabuhnya bakteri. Oleh karena itu, biasakan membersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat pengikis lidah khusus.

 

BACA JUGA:

Koin Emas $10 Milyar Ditemukan Dalam Tanah

A True Story of Yance Tamaela, A Violent Man

Berimanlah Sampai Anda Mendapatkannya!

Gereja Anglikan Luncurkan Pedoman Pemberkatan Nikah Sesama Jenis

Wahai Istri yang Dominan, Anda Bisa Berubah!

Orang Kristen dan Ateis Ini Berteman Karib Meski Berbeda Prinsip


Sumber : World Health | Kompas | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami