Roy Rening: Arist Merdeka Sirait Arogan dan Pahlawan Kesiangan
Sumber: Jawaban.com | Daniel Tanamal

Nasional / 1 March 2014

Kalangan Sendiri

Roy Rening: Arist Merdeka Sirait Arogan dan Pahlawan Kesiangan

daniel.tanamal Official Writer
5728

Roy Rening, Kuasa hukum Panti Asuhan Samuel Home menyayangkan tindakan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait yang dinilai mengambil paksa anak-anak Panti Asuhan Samuel Home tanpa prosedur yang jelas dan terkesan arogan.

“Kami menyayangkan sikap Arist Merdeka Sirait. Lembaga dia ini kan LSM, bukan lembaga negara. Dia tidak punya kewenangan untuk sebagai eksekutor. Hanya negara yang bisa. Bagaimana bisa dia datang ke panti tanpa prosedur yang benar, tanpa surat-surat resmi dari lembaga-lembaga yang berwenang, mengambil secara paksa, anak2 dari panti itu. Arogan sekali dia. Dapat kewenangan dari mana?” katanya dalam jumpa pers di Wisma PGI, Jakarta, Kamis (27/2).

Menurut Roy, pihaknya akan mengambil langkah hukum terkait tindakan Arist Merdeka Sirait ini. “Harusnya dia dalam fungsi mediasi. Panggil Ibu Yuni, Sam (Pendeta Chemuel Watulinggas), kita mediasi. Kok dia (Arist Merdeka Sirait) datang sebagai pahlawan kesiangan. Kita akan mengambil langkah-langkah hukum terhadapnya. Kita harus berikan pelajaran hukum pada dia. Supaya Sirait ini dalam membantu anak tidak boleh arogan.”

Seperti diketahui, sebelumnya Komisi Nasional Perlindungan Anak mendatangi Panti Asuhan Samuel Home untuk melihat kondisi anak-anak yang menurut laporan warga sekitar terdapat dugaan penelantaran dan penyiksaan yang dilakukan oleh pemilik panti. Saat melihat kondisi panti asuhan yang dinilai tidak kondusif, sebanyak 12 balita segera dievakuasi untuk mendapat perawatan dan dipindahkan ke rumah anak Kementrian Sosial.

 


Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami