Mendengkur, Penyebab Masalah Mulut dan Gigi

Mendengkur, Penyebab Masalah Mulut dan Gigi

eva Official Writer
3750

Menurut drg. Grace W. Susanto dalam bukunya yang berjudul Terapi Gusi untuk Kesehatan dan Kecantikan, ada sejumlah gangguan kesehatan yang dapat dialami seseorang jika memiliki masalah di dalam rongga mulut dan gigi. Salah satunya adalah mendengkur.

Mendengkur atau awam dikenal dengan mengorok, merupakan pertanda ada penyempitan saluran pernapasan di area tenggorokan sehingga udara lebih sulit dihembuskan.

Selain itu, kebiasan mendengkur juga berhubungan dengan gigi depan yang berjejal, gusi dan mulut yang tidak sehat serta air liur yang pekat.

Kepekatan air liur juga dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi, seperti makanan bersantan, berlemak tinggi, terlalu manis, dan beralkohol.

Pengobatan tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pembersihan karang gigi dan gusi, mengontrol konsumsi makanan pemicu air liur pekat, serta mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak. Anda juga bisa melakukan terapi seperti minum segelas air hangat sebelum tidur diselingi dengan menarik napas dalam-dalam sebanyak 10 hitungan. Cara ini cukup ampuh dalam membantu melegakan pernapasan dan mengurangi dengkuran.

 

Sumber : Reader Digest/Eva
Halaman :
1

Ikuti Kami