Konflik Membara, Pemimpin Dunia Desak Genjatan Senjata Ukraina
Sumber: Mashable.com

Nasional / 20 February 2014

Kalangan Sendiri

Konflik Membara, Pemimpin Dunia Desak Genjatan Senjata Ukraina

Lori Official Writer
5875

Pemimpin dunia mendesak dilakukannya genjatan sejata menyusul bentrokan berdarah yang menewaskan 26 pengunjuk rasa di Kiev, Ukraina pada Selasa (18/2) dan Rabu (19/2) kemarin. Uni Eropa (UE), salah satunya memperingatkan sanksi tegas bagi pelaku kekerasan ini.

“Kami berharap ada langkah untuk mereka yang bertanggung jawab atas kekerasan ini untuk penggunaan kekerasan berlebihan, dan ini disepakati oleh negara-negara anggota kami sebagai hal yang mendesak,” kata Presiden Komisi Uni Eropa Jose Manuel Barroso, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (20/2).

Hal senada disampaikan pula oleh Amerika Serikat, melalui Deputi Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Ben Rhodes menegaskan akan memberi sanksi kepada pihak yang terlibat dalam kasus kekerasan tersebut. “Kami terus memantau situasi, dan kami telah mempertimbangkan mengambil tindakan terhadap mereka yang bertanggung jawab atas tindak kekerasan di Ukraina,” tandas Rhodes.

Atas bentrokan berdarah itu, sejumlah negara menyampaikan kecamannya dan meminta agar konflik tersebut disudahi dengan adanya genjatan senjata. Aksi ini kisruh sejak November silam setelah Presiden Ukraina Viktor Yanukovich menolak kesepakatan perdagangan yang luas dengan Uni Eropa dan tetap menjalin hubungan perdagangan dengan Rusia. Hal ini membuat pihak oposisi marah dan melakukan demonstrasi besar-besaran.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada solusi dan tanggapan dari Presiden Viktor Yanukovich untuk menghentikan konflik berdarah ini. Dengan itu, mari tetap berdoa untuk pemulihan Ukraina agar diberi solusi terbaik dalam pemerintahannya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Para Pemenang Quiz Gambar Gizmo dan Games Superbook

Roger Danuarta Terlibat Narkoba, Ibunda: Harap Dimaklumilah!

PVMBG Imbau Waspadai Erupsi Gunung Anak Krakatau

Di Valentine, Paus Fransiskus Beri Resep Pernikahan Langgeng

PVMBG Prediksi Letusan Susulan Gunung Kelud Lebih Kecil

Yosi 'Project Pop' Bersyukur Menjadi Host Obat Malam

Sumber : Kompas.com/Tempo.co/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami