Ancaman Lahar Dingin Intai Warga Sekitar Gunung Kelud
Sumber: Blogspot.com

Nasional / 19 February 2014

Kalangan Sendiri

Ancaman Lahar Dingin Intai Warga Sekitar Gunung Kelud

Budhi Marpaung Official Writer
6447

Bahaya masih mengacam warga sekitar pasca meletusnya Gunung Kelud Kamis (13/2/2014) malam lalu. Lahar dingin yang kini menutupi sebagian gunung berpotensi mengalir ke puluhan anak sungai yang berhulu di puncak Gunung Kelud yang terletak di perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang.

"Dari hasil pengamatan visual, sebagian besar volume hasil letusan Gunung Kelud tersebar dalam radius 5 kilometer dari puncak," ujar Gede Suantika, Pelaksana Tugas Bidang Pengawasan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, di Bandung, Selasa (18/2/2014).

Gede menyatakan apabila hujan deras turun dalam waktu lama, air yang telah bercampur dengan lahar dingin akan mengangkut semua yang dilewatinya bahkan merusak tembok atau bangunan yang dilewatinya. "Kalau terjadi malam hari, bisa makan korban.

Senada dengan Gede Suantika, Dosen Universitas Airlangga Surabaya Mufti Mubarok juga menyatakan lahar dingin yang terdapat di Gunung Kelud sangatlah berbahaya. Oleh karena itu, ia menghimbau dan mendorong para warga untuk agar menjauhi zona aliran lahar dingin.

“Warga juga sudah diminta untuk tidak melakukan aktivitas di dekat sungai dan diminta waspada. Aliran lahar dingin ini tidak dapat ditahan, tapi dilepas menuju laut,” ungkapnya.

Sementara itu, Selasa (18/2/2014) malam tadi, lahar dingin Gunung Kelud yang Kamis (13/2/2014) lalu erupsi telah meluap dan meluber ke wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang mengagetkan para warga yang berada Kecamatan Talun, Gandusari dan Wling tersebut.

 

Baca juga :

Lima Peristiwa yang Terjadi Pasca Gunung Kelud Meletus

Liga Champions : Manchester City vs Barcelona Berakhir Dengan Skor 0-2

Harry Houdini, Pesulap Handal yang Meninggal Karena Usus Buntu

3 Cara Agar Cinta dan Seks Jalan Beriringan

Redam Amarah Dengan Minum Air Putih

Join IMAGO Festival 2014  

Sumber : berbagai sumber / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami