Ciri-ciri Anda Harus Minum Lebih Banyak Air

Serba-Serbi Sehat / 16 February 2014

Kalangan Sendiri

Ciri-ciri Anda Harus Minum Lebih Banyak Air

Yenny Kartika Official Writer
7502

Kita tidak bisa hidup tanpa air! Air memenuhi sebagian besar tubuh kita. Hampir 70 persen otot mengandung air, sementara 90 persen otak dipenuhi air. Darah yang mengalir juga dipenuhi air, setidaknya 83 persen. Jadi, suka atau tidak suka, kita membutuhkan air.

Kekurangan air tentu berpengaruh pada tubuh kita. Normalnya kita mengonsumsi 8 gelas air per hari. Saat jumlah air makin sedikit, tubuh akan memunculkan tanda-tandanya. Berikut ini ciri-ciri bahwa kita harus mengonsumsi lebih banyak air.

 

Konstipasi atau sembelit

Saat tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, usus besar berusaha mempertahankan kadar air dengan cara menyerap banyak air dari makanan yang kita konsumsi. Akibatnya, tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan.

 

Jantung berdebar

Jantung, sebagaimana otot lainnya, mengandung banyak air. Saat dehidrasi terjadi, aliran darah yang dipompa dari jantung berkurang dan konsentrasi elektrolit berubah. Akhirnya detak jantung menjadi tidak normal.

 

Kejang atau kram otot

Tubuh yang kekurangan air akan mengalami kejang atau kram otot karena terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi ini terutama dialami saat berolahraga.

 

Sedikit berkeringat

Saat kita dehidrasi, tubuh berhenti memproduksi keringat sebab keringat terbentuk dari air.

 

Kelaparan

Rasa lapar belum tentu mengindikasikan tubuh ingin makan. Bisa jadi itu tanda bahwa kita kekurangan cairan. Jadi, biasakan minum segelas air sebelum makan.

 

Air mata sedikit

Saat menangis, jika air mata tidak keluar, itu tandanya Anda dehidrasi dan perlu minum lebih banyak air.

 

Air kencing berwarna gelap

Air kencing atau urine yang normal umumnya berwarna kuning pucat atau transparan. Warna urine yang pekat ditambah bau yang kuat menunjukkan kurangnya cairan pada tubuh.

 

Mulut kering

Mulut kering dan bibir pecah-pecah merupakan ciri bahwa Anda perlu minum lebih banyak air.

 

Kulit kering dan tidak kenyal

Kulit adalah bagian tubuh yang paling besar (luas) dan memerlukan banyak air agar tetap lembap. Kulit yang kering atau bersisik menandakan kurangnya cairan. Demikian juga dengan kekenyalan kulit. Jika permukaan kulit yang dicubit lambat kembali ke bentuk asalnya, itu menandakan tubuh butuh lebih banyak air.

 

Kepala pusing

Saat kita duduk kemudian tiba-tiba berdiri, coba rasakan, apakah kepala menjadi pusing dan berputar? Jika ya, bisa jadi itu tanda kekurangan cairan. Selain pusing, dehidrasi juga bisa menyebabkan pingsan.

 

Jadi, apakah Anda siap minum lebih banyak air hari ini? Konsumsi cairan tak melulu dengan minum air putih, karena bisa juga diganti dengan jus, sayuran, buah-buahan, dan air kelapa.

 

BACA JUGA:

5 Minuman Sehat Pengganti Air Putih

Anda Bekerja Karena Passion atau Demi Kebutuhan?

Muhammad Lutfi Gantikan Gita Wirjawan Jadi Mendag

Maukah Kau Jadi Milikku?

My Life was Destroyed Due To Trusting Fate

Pencipta Flappy Bird Muak dengan Game Ciptaannya

Sumber : Boldsky/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami