Survei: Umat Katolik Tidak Setuju Aborsi dan Kontrasepsi

Nasional / 15 February 2014

Kalangan Sendiri

Survei: Umat Katolik Tidak Setuju Aborsi dan Kontrasepsi

daniel.tanamal Official Writer
5596

Lembaga Bendixen & Amandi International Univision baru-baru ini menerbitkan sebuah survei global mengenai suara umat Katolik mengenai beberapa isu kekinian yang muncul dan hangat diperbincangkan.

Hasilnya dua pertiga dari 12 ribu umat Katolik yang disurvei di 12 negara mayoritas berpenduduk Katolik menyatakan bahwa mereka tidak setuju dengan ajaran gereja dalam hal perceraian, aborsi, dan kontrasepsi. Hasil itu juga  menyatakan bahwa mereka setuju dengan pimpinan gereja dalam isu pernikahan sejenis.

Yang menarik dilihat adalah perbedaan cukup besar terlihat dari responden di sejumlah negara berkembang seperti di Afrika dan Asia dibanding negara-negara di Barat dan eropa, Amerika Utara, dan sebagian Amerika Latin.

Di Afrika dan Asia umat Katolik cenderung masih setuju dengan ajaran gereja. Sedangkan di Barat, Eropa, dan Amerika warga Katolik lebih banyak menganggap ajaran gereja tidak bermoral.

Selain itu gaya kepemimpinan inklusif Paus Fransiskus yang merangkul semua kalangan tampaknya menarik perhatian 1,2 miliar penganut Katolik. Survei itu menunjukkan umat Katolik menyukai gaya kepemimpinannya.

Sumber : Washington Post
Halaman :
1

Ikuti Kami