Paus Francis: Jangan Menikah Karena Faktor Emosi Semata

Paus Francis: Jangan Menikah Karena Faktor Emosi Semata

Yenny Kartika Official Writer
5924

Melihat tingginya jumlah perceraian, bahkan di kalangan umat Katolik sekalipun, Paus Francis menghimbau agar makna pernikahan diperjelas dan diperkuat. Paus menegaskan bahwa dasar pernikahan bukan sekedar ikatan emosi saja.

“Zaman sekarang pernikahan cenderung dilihat sebagai bentuk kepuasan emosional semata yang dapat dibangun dengan cara apapun atau dimodifikasi sesuka hati,” kata Paus di hadapan para uskup Polandia di Aula Clementine, Vatikan, Jumat (7/2). “Sayangnya, pandangan seperti ini juga mempengaruhi mentalitas orang Kristen sehingga meningkatkan kecenderungan untuk bercerai atau berpisah,” sambungnya.

Pemimpin Katolik Roma ini juga mengajak para pastur untuk melayani pasangan-pasangan yang bercerai agar mereka tidak merasa kehilangan belas kasihan Allah dan tertolak dari sesama umat Kristen.

Muda-mudi yang hendak menikah harus memiliki persiapan yang matang sebelum membangun rumah tangga. Oleh karena itu, Paus Francis menekankan, sebelum pernikahan mereka sebaiknya mendalami keindahan dari penyatuan dua insan yang dibangun atas dasar kasih dan tanggung jawab. Dengan demikian, pasangan yang menikah akan mampu mengatasi ujian dan masalah melalui pengampunan satu sama lain.

“Setiap orang harus memperhatikan bagaimana cara menjalani kehidupan berkeluarga dan menghargai momen-momen suka dan duka,” kata Paus.

Begitu sakralnya pernikahan sehingga Allah sangat membenci perceraian. Kedua manusia yang telah berkomitmen untuk bersatu di hadapan Tuhan harus mempertanggungjawabkan hubungan tersebut dengan mempertahankannya, meski perasaan cinta (secara emosional) mulai pudar atau telah hilang sama sekali. Maka dari itu, hendaknya kasih agape menjadi dasar dari pernikahan.

 

BACA JUGA:

Seberapa Penting Pernikahan Itu?

Anda Bekerja Karena Passion atau Demi Kebutuhan?

Muhammad Lutfi Gantikan Gita Wirjawan Jadi Mendag

Maukah Kau Jadi Milikku?

My Life was Destroyed Due To Trusting Fate

Pencipta Flappy Bird Muak dengan Game Ciptaannya

Sumber : Catholic News Agency | Jawaban.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami