Foto Hoax Letusan Gunung Kelud Beredar!

Spirituality / 14 February 2014

Kalangan Sendiri

Foto Hoax Letusan Gunung Kelud Beredar!

daniel.tanamal Official Writer
5822

Kejadian beredarnya foto hoax (palsu) untuk peristiwa-peristiwa bencana alam kembali terjadi. Kali ini beredar foto hoax meletusnya Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur yang erupsi pada Kamis (13/2/2014) malam WIB. Foto hoax ini beredar pada jejaring sosial twitter.

Penelusuran yang dilakukan Metrotvnews.com, akun twitter @infoSDA (Informasi Sidoarjo) adalah akun yang memuat foto erupsi Gunung Kelud yang hoax tersebut. Ternyata foto tersebut adalah erupsi Gunung Puyehue-Cordón Caulle di Chile Amerika Selatan. "Mohon maaf foto yang dikirim warga ke mimin pertama tadi HOAX dan sudah mimin hapus. yang asli cuma yang dari warga Blitar di bawah ini," kicau @infoSDA.

Sementara itu salah seorang pengguna twitter melalui akunnya @_surya_ memberikan pencerahan atas foto hoax yang disebar orang tidak bertanggung. "Foto ini BUKAN KELUD! tapi gunung puyehuye di Chile. cc @infoKEDIRI," kicaunya, Jumat (14/2) dini hari.

Gunung Puyehue-Cordón Caulle di Chile sendiri sempat erupsi pada 5 Juni 2011 yang mengakibatkan sekitar 3500 penduduk setempat dievakuasi. Negara tetangga seperti Argentina, Uruguay, Brazil terkena dampak erupsi ini dengan abu yang memenuhi bagian negara mereka.

Masyarakat pengguna smartphone perlu bijak dan berhati-hati dalam menyebar pesan berantai atau bentuk pesan apapun ke sesama pengguna mengenai informasi baik visual maupun audio yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Perbuatan jahil ataupun candaan yang disebar didalam media dapat mengakibatkan kerugian dan keresahan bagi masyarakat lainnya.

 

 

 Baca Juga Artikel Lainnya:

PGI dan KWI Hidupkan Kembali Crisis Center

PGI Minta Gereja-gereja Tetap Netral Dalam Pemilu 2014

Ketua PGI: Caleg Kristen Jangan Bakar Emosi Dengan Agama

Putin: Amerika Serikat Lebih Atheis Dari Rusia!

 

Sumber : metrotvnews
Halaman :
1

Ikuti Kami