Kotak Kado, Peluang Bisnis di Hari-hari Besar
Sumber: Blogspot.com

Spirituality / 14 February 2014

Kalangan Sendiri

Kotak Kado, Peluang Bisnis di Hari-hari Besar

Lori Official Writer
15463

Momen hari besar identik dengan acara tukar kado atau memberi kado. Misal dalam perayaan hari besar lebaran, Tahun Baru, Natal, Ulang Tahun hingga valentine, banyak permintaan akan beragam pilihan hadiah yang dapat diberikan kepada kekasih, teman dan keluarga.

Selain pilihan kado untuk valentine, banyak juga yang sibuk mencari kotak kado yang siap pakai. Pasalnya, kotak kado saat ini terbilang sangat variatif sehingga menarik konsumen yang tak ingin ribet membuat sendiri kotak kado, memilih untuk membeli yang sudah jadi saja.

Tak hanya kotak dan kertas kado saja, namun bisnis ini dapat dipadukan dengan bisnis berbagai pernak-pernik hiasan kado, seperti pita, kertas tisu, plastik wrap, bubble sheet, dan masih banyak lagi. Bisnis kotak kado yang tengah naik daun ini juga tidak terbatas hanya untuk perorangan saja, tak jarang berbagai lembaga bahkan tertarik untuk membeli dalam jumlah besar.

Adapun aspek yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis ini adalah:

Harga

Buatlah kotak kado dengan berbagai jenis ukuran, mulai dari yang paling kecil (30x30 cm) hingga kotak besar (50x50x24 cm). Tentu harga kotak kado didasarkan pada ukurannya.

- kotak kado kecil seharga Rp4.500-Rp5000.

- kotak kado besar seharga Rp125.000-Rp130.000

Variasi Kotak Kado

Untuk menarik minat produsen, pengusaha harus jeli melihat selera dan tema momen yang tengah diburu. Bila momentumnya Valentine, tentu kotak kado yang ditawarkan harus identik dengan momen yang tengah dirayakan. Pun tidak berbeda dengan momentum hari besar lainnya.

Strategi Penjualan

Untuk memperluas jaringan penjualan hingga ke berbagai lembaga besar, salah satu strategi yang harus ditempuh adalah dengan membuka kesempatan untuk reseller dan media online. Contoh nyata kesuksesan strategi ini dilakukan oleh Sigit Priyono, seorang produsen kotak kado ‘Dunia Pelangi’ di Yogyakarta yang telah mencicipi nikmatnya hasil penjualan barang produksinya hingga ke berbagai kota besar di Indonesia.

Bila dalam hari-hari biasa Sigit mampu mengumpulkan sebesar Rp20 jutaan, maka di hari besar dirinya mengaku dapat menembus hingga Rp35-40 juta per bulan. Hebat bukan? Nah, bagaimana dengan Anda, merasa tertantang dengan usaha jual kotak kado ini?

 

Sumber : Kontan.co.id/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami