2500 Pasangan Nikah Massal di Gereja Moon
Sumber: Abc.net.au

Nasional / 13 February 2014

Kalangan Sendiri

2500 Pasangan Nikah Massal di Gereja Moon

Lori Official Writer
4037

Sebanyak 2500 pasangan pengantin menggelar nikah massal di sebuah gereja di Gapyeong, sekitar 60 kilometer dari ibu kota Korea Selatan, Seoul, Rabu (12/2). Nikah massal ini sudah menjadi tradisi gereja kontroversial Unifikasi yang didirikan oleh mendiang pendeta Sun Myung Moon sejak 1961.

Sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (12/2), para pengantin tampak serentak membungkuk, berpose mengikrarkan janji setia mereka serta saling bertukar cincin. Prosesi pernikahan massal ini pun dipimpin oleh istri Moon, sejak Moon meninggal pada September 2012 silam.

Pernikahan ini dinilai sebagai bentuk dukungan terhadap aliran gereja Moon. Ajaran ini adalah buah pemikiran Moon yang menyatakan bahwa asmara romantis bisa mengarah pada pergaulan bebas, ketidakserasian pasangan dan interaksi masyarakat yang menyimpang.

Uniknya, masing-masing pasangan merupakan hasil perjodohan oleh orang tua beberapa hari sebelum pertunangan. Sedang dulu, pasangan langsung dipilihkan oleh Moon dalam waktu beberapa menit sebelum menikah, meski pasangan ini berbeda dalam budaya dan bahasa.

Namun upacara pernikahan massal ini memicu pertentangan dari berbagai kalangan. Sebab Moon dinilai mampu mendoktrinasi pikiran anggota gereja dengan dalih ajaran yang sesuai dengan Alkitab. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ajaran untuk menyempurnakan misi Yesus untuk mengembalikan manusia pada keadaan murni tanpa dosa.

Banyak ajaran baru yang lahir dari interpretasi yang salah dari Alkitab. Sehingga acap kali menjadi ancaman bagi orang Kristen. Dengan itu, mari semakin kuat dalam memfilter ajaran-ajaran baru yang tengah hadir di tengah kehidupan kita.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Gara-Gara Usman-Harun, PM Singapura Blok Facebook SBY

'Sahabat Pers' Jadi Kado PWI untuk SBY

Kemenag Pertimbangkan Usulan SBY Bentuk Ditjen Khonghucu

Inilah Cara Pengungsi Sinabung Hilangkan Jenuh

Starbucks Coffee Dibuat Geram dengan Hadirnya Dumb Starbucks Coffee

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Reuters/Dw.de/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami