Gara-Gara Mormon, Poligami Makin Marak di Amerika

Internasional / 11 February 2014

Kalangan Sendiri

Gara-Gara Mormon, Poligami Makin Marak di Amerika

Lois Official Writer
7927

Pernikahan poligami atau dengan lebih dari satu wanita makin marak di Amerika khususnya di negara bagian Utah. Hal ini disebabkan banyaknya penganut agama Mormon yang berada di sana, agama yang memperbolehkan umatnya berpoligami, menurut yang dilansir Boston Globe.

Contohnya keluarga Darger di Salt Lake City Utah. Joe memiliki tiga orang istri. Istri pertama bernama Alina yang dinikahinya tahun 1990. Istri kedua dan ketiga yaitu saudara kembar Vicki dan Valerie. Sebanyak 17 dari 25 anaknya masih tinggal di rumah itu dan semuanya makan di satu meja. Mereka bahkan membuat buku berjudul “Cinta Tiga Kali Lipat”.

Peraturan anti poligami yang diterapkan di wilayah barat AS menyatakan bahwa pelakunya harus dihukum penjara di jaman dulu. Jaman sekarang, peraturan tersebut bermasalah secara konstitusional karena bertentangan dengan kebebasan beragama. Saat ini, peraturan ini ditinjau ulang oleh pemerintah.

Menurut studi Universitas of British Columbia 2011 lalu, poligami oleh penganut Mormon menyebabkan peningkatan kejahatan, kekerasan, kemiskinan, dan ketidaksetaraan gender. Masalah berlanjut saat pemimpin Mormon fundamentalis, Warren Jeffs, ditangkap karena penyerangan seksual pada anak tahun 2011 lalu.

Gereja Yesus Kristus Santo Hari Akhirat, salah satu cabang utama Mormon, menghapuskan peraturan poligami pada tahun 1890-an atas desakan pemerintah waktu itu. Namun meskipun begitu, jumlah penganut Mormon yang melakukan poligami kian tinggi, diperkirakan mencapai 40.000 orang.

 

Baca juga :

Bertemu dengan Jodoh Lewat Doa

Yang Bisa Buat Suami Makin Cinta

Rokok, Sejarahnya dalam Dunia dan Alkitab

Ingin Jadi Presenter Bola? Ini Caranya

Romantis dengan Anggaran Murah di Hari Valentine

Sumber : viva.co.id by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami