Pria Ini Klaim Hidup Tanpa Bekal di Laut Selama 14 Bulan
Sumber: Dailymail.co.uk

Nasional / 7 February 2014

Kalangan Sendiri

Pria Ini Klaim Hidup Tanpa Bekal di Laut Selama 14 Bulan

Lori Official Writer
4720

Jose Salvador Alvarenga, pria berusia 37 tahun asal El Salvador mengklaim kebenaran bahwa dirinya telah hidup selama 14 bulan di Samudera Pasifik. Ia memulai petualangannya untuk berburu ikan hiu dengan kapal fiberglass sejak 21 Desember 2012 silam.

Awalnya dirinya berencana berlayar sehari untuk mencari hiu, hingga akhirnya terdampar ke tengah lautan. Selama berbulan-bulan, pria berjanggut lebat ini bertahan hidup dengan melahap ikan dan daging burung camar mentah-mentah, meminum darah penyu dan air seninya sendiri.

Jose mengaku tak percaya masih dapat bertahan hidup hingga mencapai daratan Ebon Atoll di ujung selatan Kepulauan Marshall. “Aku masih hidup dan tidak percaya. Aku tidak ingat banyak tentang perjalanan ku. Hal ini sudah menyatu dalam pikiran bahwa hanya ada laut dan laut,” kata Jose.    

Saat terdampar pada Senin (3/2), ia langsung diselamatkan oleh masyarakat. Meskipun tampak gemuk, namun kakinya tampak kurus dan kesulitan berdiri. Dirinya lalu dibawa ke rumah sakit yang terletak di ibu kota Kepulauan Marshall, Majuro. Ia diperkirakan terdampar lebih dari 8.000 mil atau 12.800 kilometer dari Meksiko.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan karena saya ada di sini (daratan),” ujarnya.

Meskipun banyak yang tak percaya dengan petualangan pria ini, namun sejumlah pakar menilai bahwa kisah itu masuk akal. Seperti yang disampaikan oleh Nick Vrooms, Direktur Lembaga Layanan Seni Bertahan Hidup di Queensland bahwa kemampuan untuk bertahan hidup di Lautan Pasifik cukup besar lantaran faktor lingkungannya yang mendukung.

“Dia dan orang lain yang pernah terapung di Lautan Pasifik punya kesempatan lebih baik untuk mampu bertahan hidup dalam waktu yang lama,” kata Vroomans.

Lantaran lupa banyak hal termasuk keluarganya di El Salvador, pemerintah setempat tengah berupaya menemukan informasi tentang keluarga Jose untuk proses pemulangannya ke Meksiko.

Kisah Jose sedikit banyak serupa dengan film laris Life of Pi, meski banyak pihak merasa ragu dan tak percaya. Namun bukan tidak mungkin bila hal mustahil bisa terjadi bagi siapapun yang percaya dan berupaya dengan mengandalkan Tuhan dalam hidupnya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Saat Cornelia Agatha Tegur Artis Nyaleg

Jamin Ibas Tak Korupsi, Ruhut Sumpah Potong Leher

GMKI Desak Status Sinabung Jadi Bencana Nasional

Haji Lulung Minta Ahok Mundur

Susul Sinabung, Status Gunung Kelud 'Waspada'

Terima Kasih Solusi, Aku Dapat Menjadi Mitra CBN

Sumber : Daily/Metrotv/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami