BJ Habibie: Presiden RI 2014 Idealnya Beragama Islam

Nasional / 4 February 2014

Kalangan Sendiri

BJ Habibie: Presiden RI 2014 Idealnya Beragama Islam

daniel.tanamal Official Writer
5489

Mantan presiden RI ke-3 BJ Habibie ikut menghangatkan situasi nasional menjelang pemilihan umum presiden 2014. Berbicara dalam sebuah acara, Habibie menilai bahwa jika melihat realitas sosial yang ada, idealnya presiden RI selanjutnya adalah tokoh beragama Islam.

"Saya tidak bicara SARA. Tetapi dengan memperhatikan realitas sosial, tentu Presiden RI mendatang idealnya adalah tokoh yang beragama Islam karena kebanyakan penduduk Indonesia beragama Islam serta berasal dari suku Jawa karena mayoritas rakyat Indonesia adalah orang Jawa. Tetapi asal suku tentu tidak mutlak harus Jawa," katanya di Jakarta, Senin (3/2).

Habibie memberi contoh Amerika Serikat dimana di negara yang sistem demokrasinya sudah berjalan lebih dari 200 tahun tetap memperhatikan dimensi suku dan agama serta aspek mayoritas-minoritas. "Sekarang, kenapa Barack Obama diterima menjadi Presiden Amerika bahkan terpilih sebagai presiden untuk kedua kalinya? Tidak lain karena dia beragama Protestan, meski dia warga kulit hitam yang merupakan penduduk minoritas di Amerika," ujarnya.

Pernyataan Habibie ini tentu harus dimaknai dari sudut pandang Habibie yang adalah seorang cendekiawan Muslim dunia. Namun mengacu pada dasar negara Indonesia, dimana Pancasila menjadi perekat dan jembatan diatas semua perbedaan, seharusnya latar belakang atau apapun kepercayaan yang dianut tidak menjadi persoalan bagi seseorang untuk menjadi seorang presiden ataupun pemimpin apapun di negara ini.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Banyak Pengungsi Banjir Jakarta Tolak Bantuan

Presiden SBY Sedih Atas Tewasnya Korban Gunung Sinabung

Jokowi Dinilai Mampu Atasi Banjir

Pemerintah Rusia Diminta Cegah Legalisasi Pernikahan Sesama Jenis

Pemimpin Al-Qaeda: Berhenti Aniaya Kristen Timur Tengah

Uskup Senior Nigeria Ceritakan Pembantaian di Gereja Adamawa

 


Sumber : Tribunnews
Halaman :
1

Ikuti Kami