Dari 127 Gunung di Indonesia, 19 Gunung Berstatus Waspada
Sumber: Kompas.com

Nasional / 4 February 2014

Kalangan Sendiri

Dari 127 Gunung di Indonesia, 19 Gunung Berstatus Waspada

Lois Official Writer
4085

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir bahwa dari 127 gunung yang ada di Indonesia, 19 gunung di antaranya berstatus level II atau dengan kata lain waspada. Ada satu gunung berstatus awas (level IV) yaitu Gunung Sinabung, sejak 24 November 2013.

Selain itu, ada pula tiga gunung yang berstatus siaga (level III) yaitu Karangetang, Lokon, dan Rokatenda. “Lainnya berstatus normal,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran pers, Senin (3/2/2014).

Adapun 19 gunung yang berstatus waspada yaitu Kelud, Raung, Ibu, Lewotobi Perempuan, Ijen, Gamkonora, Soputan, Sangeangapi, Papandayan, Dieng, Seulewah Agam, Gamalama, Bromo, Semeru, Talang, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci.

Sutopo menjelaskan bahwa status waspada adalah adanya kenaikan aktivitas di atas level normal, sedangkan status siaga adalah saat semua data menunjukkan aktivitas dapat segera berlanjut ke letusan atau menuju pada keadaan yang dapat menimbulkan bencana. Namun dia melanjutkan agar warga tidak perlu panik. Gunung tidak akan tiba-tiba meletus, ada tahapannya sehingga warga harus mengawasi status-status ini.

Bagi penduduk yang tinggal di dekat gunung-gunung ini ada baiknya memperhatikan segala aktivitas gunung yang dimaksud, mengetahui perubahan terbaru dari status gunung tersebut, menyiapkan segala yang dibutuhkan jika diharuskan mengungsi dan tetap waspada.

 

Baca juga :

Kelebihan dan Kekurangan Suami Istri Telat Menikah

Otak dalam Bahaya Jika Sering Begadang

Hari Ini Di Sini Jual Ikan Segar

10 Makanan Bentuk Hati Untuk Orang Terkasih

Sumber : tribunnews.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami