Kardinal Tagle: Pemulihan Paska Haiyan Bukti Kesatuan Gereja
Sumber: Cathnewsusa.com

Internasional / 4 February 2014

Kalangan Sendiri

Kardinal Tagle: Pemulihan Paska Haiyan Bukti Kesatuan Gereja

Lori Official Writer
5909

Kardinal Philipina, Luis Tagle mengungkapkan bahwa pemulihan paska Topan Haiyan yang menjadi jembatan untuk membangun kembali komunitas yang rusak merupakan bukti dari kesatuan gereja dalam melayani korban bencana. Hal ini disampaikan kepada para pemimpin-pemimpin Gereja Katolik Amerika saat berkunjung ke Philipina, Senin (3/2).

Dengan mata berbinar, Kardinal Tagle menuturkan gambaran menyedihkan dari terpaan Haiyan di kota Tacloban pada 8 November 2013 silam. Ia menyampaikan kepada para delagasi tersebut bahwa bencana ini, memberi pesan akan pentingnya ketekunan dan pertahanan iman di dalam Tuhan.

Kardinal Tagle menyebut, bencana alam menjadi risiko bagi negara kepulauan sehingga dipandang penting untuk hadir dan melihat peran serta paroki-paroki lokal dalam menawarkan perlindungan, kebersihan, distribusi makanan dan penyedia tempat.

“Paling tidak, bagi saya, itu menjadi sebuah pelajaran khusus karena dalam hal ini rumah ibadah juga menjadi tempat untuk menggelar amal. Tempat tidak dibuat suci oleh sakramen dan doa, melainkan oleh kepercayaan yang tempatnya kita temukan di sini. Ini adalah rumah kita,” kata Tagle, seperti dilansir Chatolicnews.com, Senin (3/2).

Pernyataan ini pun disambut baik oleh Presiden Chatolic Relief Services (CRS), Carolyn Woo berjanji membantu Philipina untuk membangun kembali kota, seperti sebelumnya dilakukan saat bencana gempa Haiti pada tahun 2010 silam.

Untuk diketahui, data yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional Philipina, hingga 29 Januari, lebih dari 6200 tewas dan lebih dari 28.600 mengalami luka serta 1800 dinyatakan hilang. Sementara lebih dari 4 ribu orang kehilangan tempat tinggal.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pdt. Palti Panjaitan: Polisi di Bawah Tekanan Massa Intoleran

Kirk Cameron Komentari Pernikahan Terselubung di Grammy Award

Susul Sinabung, Status Gunung Kelud 'Waspada'

Kerinduan Menjadi Mitra CBN Akhirnya Terwujud

Sumber : CN/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami