Hindari Hal-Hal Ini Jika Tak Ingin Konflik
Sumber: www.gottmanblog.com

Marriage / 26 January 2014

Kalangan Sendiri

Hindari Hal-Hal Ini Jika Tak Ingin Konflik

Lois Official Writer
4499

Dua orang yang menjadi satu, tentu ada hal-hal penyesuaian yang harus dilakukan. Terkadang perdebatan pun tak dapat dihindari karena perbedaan yang ada di antara keduanya. Namun, sebenarnya perdebatan itu dapat diatasi jika ada hal-hal yang dihindari agar konflik tak terjadi ataupun makin mendalam. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui agar dapat dihindari :

Tak Mengetahui Masalah Sesungguhnya

Perbedaan pendapat terjadi karena kedua pasangan kurang mengenali apa masalah sesungguhnya. Memang normal terjadi, namun bisa membuat masalah melebar kemana-mana. Karena itu, cobalah untuk mendengarkan lebih dahulu apa masalah sesungguhnya, tentukan batasan permasalahan, dengan begitu solusi pun sudah ditemukan, biasanya sebanyak 50 persen.

Waktunya Tidak Tepat

Pemilihan waktu harus dipertimbangkan jika ingin membahas suatu masalah, pemilihan jam berikut juga kondisi jasmani dan rohani pasangan. Mendiskusikan masalah saat tubuh sedang lelah atau pasangan asyik dengan game favoritnya, akan membuat Anda semakin kesal dan perdebatan hebat pun dapat terjadi.

Hanya Berpikir Tentang Aku

Namanya dua orang menjadi satu, sudah seharusnya kita tak lagi memikirkan tentang ‘aku’ saja. Dia seolah lupa kalau kita statusnya merupakan pasangan orang lain. Saat berpikir mengenai diri sendiri, maka mereka cenderung fokus pada hal-hal yang memang menguntungkan diri sendiri. Karena itu, selalu berpikir tentang ‘kita’ maka fokusnya adalah hubungan keduanya.

Membentak Pasangan

Saat marah, intonasi suara juga akan meninggi, namun jangan sampai membentak pasangan. Mengucapkan kalimat dalam kondisi emosi juga semakin membuat suasana memanas. Kalimat yang disampaikan belum tentu bisa diterima pasangan. Dia malah bisa salah paham atau malah cepat lupa apa tujuan sebenarnya Anda berdua membahas konflik tersebut, karena pasangan sudah menutup dirinya ketimbang responsif dan memahami perkataan Anda. Semarah apapun, cobalah untuk tetap memperhatikan perkataan dan tingkah laku Anda.

Meninggalkan Pasangan Saat Berdebat

Hal ini bisa mengakibatkan perceraian. "Pasangan yang menangani konflik secara konstruktif menganggap kebiasaan pasangannya yang menarik diri (dari konflik) sebagai kebiasaan buruk dalam berhubungan daripada (melihatnya sebagai) upaya untuk mendinginkan (situasi)," ujar Kira Birditt, PhD, salah satu peneliti di University of Michigan.

Jadilah bijaksana saat berhadapan dengan orang lain, termasuk orang yang paling dekat dengan kita sekalipun. Kita harus mampu mengendalikan diri dan berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Untuk menjaga sebuah hubungan berjalan mulus memang diperlukan pengorbanan.

 

Baca juga :

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Kisah Hidup Slank yang Nggak Ada Matinya

Persiapan Mental Anak yang Orangtuanya Menikah Lagi

Arti Sebuah Isyarat

Langkah-Langkah Buat Bisnis Buku

Sumber : detik.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami