3 TKI Tewas Ditembak di Malaysia, Pelanggaran HAM-kah?

Nasional / 21 January 2014

Kalangan Sendiri

3 TKI Tewas Ditembak di Malaysia, Pelanggaran HAM-kah?

Lois Official Writer
8206

Lagi-lagi Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Malaysia ditembak mati pada 11 Januari lalu, kali ini tiga orang. Atas berita ini, Kepala Fungsi Konsuler Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Baru Malaysia, Sri Nirmala meminta berkas penyelidikan dari Kepolisian Diraja Malaysia atas tuduhan perampokan yang dilakukan tiga TKI asal Lombok Nusa Tenggara Timur itu.

“Ketiga TKI itu menyerang polisi dengan mengarahkan tembakan dengan pistol dan 2 lainnya dengan parang ketika polisi sedang melakukan razia di Ulu Tikam, Johor Baru,” kata Nirmala. Adapun ketiga jenazah itu sudah sampai di Lombok pada 17 Januari 2014 lalu. Ketiganya yaitu Wahab, Sudarsono, dan Gusti Randa.

Menurut Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah ketiganya bekerja di sektor konstruksi dan perkebunan. Dia mengatakan kasus ini tergolong pelanggaran Hak Asasi Manusia karena prosedur melumpuhkan tidak dipakai, justru menembak mati. “Harusnya kan tidak boleh ditembak mati. Kan ada proses peradilan untuk membuktikan mereka benar melakukan tindakan kriminal yang dituduhkan,” ujar Anis.

“Kalau dituduh melakukan perampokan kan belum terbukti, tapi sudah ditembak mati. Pemerintah tidak pernah punya kemauan mengusut kasus-kasus ini dengan tuntas,” ujarnya lagi.

Sebelumnya, pada Oktober 2013 ada tujuh TKI yang ditembak mati karena dituduh melakukan tindakan kriminal. Tiga orang tewas ditembak di kawasan Selangor Malaysia karena dituduh melakukan perampokan bank, sedangkan empat lainnya tewas saat digerebek polisi karena dituduh merampok rumah. Kebenaran harus terungkap sebelum polisi menembak orang yang salah, apalagi jika orang tersebut tak melakukan perlawanan.

 

Baca juga :

Arti Sebuah Isyarat

Takaran ASI Untuk Bayi

4 Kriteria Utama Ideal Istri di Mata Suami

Jaga Tubuh Saat Cuaca Ekstrem Melanda

Tarzan, Keberanian dan Cinta di Hutan Rimba

Berbagai Soto Berdasarkan Nama Isinya

Sumber : tempo.co by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami