Irene Holle, Wanita Sukses Berdayakan Sampah jadi Kompos
Sumber: Kisahsukses.info

Career / 20 January 2014

Kalangan Sendiri

Irene Holle, Wanita Sukses Berdayakan Sampah jadi Kompos

Lori Official Writer
6702

PT. Recycle Indonesia Utama Mandiri (Recyclindo) adalah usaha yang telah berdiri sejak 2002 untuk memberdayakan kembali sampah dari hasil konsumsi manusia yang kerap dianggap tidak bernilai.

Adalah Irene Holle, wanita kelahiran 29 April 1974, yang merasa prihatin dengan persoalan sampah, dan kemudian memberanikan diri untuk mulai belajar mengolah dan menjadikan sampah sesuatu yang berguna dan dapat dimanfaatkan kembali.

Wanita yang tak pernah menyangka akan sukses lewat jalan pengolahan sampah ini, mulai merintis dengan jalan berburu sampah dari berbagai tempat. Salah satu yang dilakukannya adalah dengan membeli sampah hasil pemakaian hotel berupa kertas, botol dan kaleng aluminium.  

Untuk memulai bisnis ini, Irene mengaku harus belajar kursus terlebih dahulu lewat pengolahan sampah waste zero  di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Belum lagi, ketika dirinya harus berkunjung ke tempat pembuangan sampah Bantar Gebang, Bekasi yang penuh dengan sampah yang menggunung. Dari pengalaman itu, Irene pun mulai merasa mantap untuk membangun Recyclindo miliknya.

Dengan merogoh kantong sekitar Rp100 juta, Irene mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari lahan dan truk second-hand. Ia mengakui bahwa untuk mengolah sampah bukanlah perkara mudah, sehingga diperlukan tempat khusus agar lingkungan sekitar juga tak terganggu dengan bau menyengat sampah.Ia memilih lokasi di kawasan Cinangka, Sawangan, Depok.

Pelan-pelan, usaha ini pun berjalan baik. Bila awalnya, Irene harus memburu sampah dari berbagai tempat, kini ia telah memiliki pemasok tetap. Usahanya pun semakin besar dan dipindah ke daerah Parung, Bogor sejak 2009 silam.

Kini, Recyclindo berkembang sebagai perusahaan pengolahan sampah organik. Irene telah menemukan tujuannya lewat menciptakan lingkungan hidup yang bersih dengan memanfaatkan sampah secara kreatif menjadi kompos yang penting bagi pertanian. Dari usaha ini ia mampu meraup keuntungan hingga 70 juta rupiah per bulannya.

Sampah yang seolah tak bernilai sekalipun ternyata dapat dimanfaatkan dan berdaya jual tinggi. Lalu bagaimana dengan kita, akankah kita mau mengikut jejak Irene Holle dan sukses menciptakan lingkungan sehat dan bersih?


Baca Juga Artikel Lainnya:

Amalia Thessen, Mahasiswi yang Sukses Berjualan di Kampus

Peres Ariranto Panggabean, Anak Supir Perintis Dagang Perlengkapan Gunung

Empat Dagangan yang Laku Keras di Musim Hujan

Agen Gas Elpiji dan Usaha Warung Sembako, Paduan Bisnis yang Ideal!

Tetap Kerja Produktif Setelah Libur Panjang

4 Sumber Tambahan Pendapatan Bulanan

Superbook di Kota Batam Dihadiri Ribuan Peserta

Sumber : Kisahsukses.info/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami