Bus Tingkat Untuk Wisatawan Jakarta, Gratis
Sumber: merdeka.com

Nasional / 18 January 2014

Kalangan Sendiri

Bus Tingkat Untuk Wisatawan Jakarta, Gratis

Lois Official Writer
4863

Bus tingkat di Jakarta hadir lagi sebagai kendaraan untuk turis internasional dan domestik yang berlibur di Jakarta. Tahap awal, bus akan didatangkan lima unit. Jika antusias warga meningkat, bus berwarna ungu dipadu hijau ini akan ditambah 20 unit lagi. Kamis kemarin (16/1/2014) sempat dijajal Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo langsung. Apa saja kehebatan bus ini?

Lebih Bagus dari Bus di London

“Rasanya kayak di London,” ujar Jokowi setelah naik bus wisata itu dari Hotel Kempinski Indonesia hingga Monumen Nasional (Monas). “Tapi lebih bagus di sini, kan busnya baru. Di sana (London) lama,” ujarnya.

“Keren. Desainnya, dan warnanya juga. Ini bolak balik sampai empat kali saya,” ujar Jokowi lagi.

Fasilitas Yahud dengan Masa Pakai Per 5 Tahun

Sebagai kendaraan wisata, bus berlantai dua ini dibuat dengan fasilitas yang nyaman dan yahud.  Ada CCTV untuk memantau keamanan yang terhubung ke monitor untuk merekam kegiatan semua penumpang. Bus ini juga ramah bagi pengguna kursi roda karena ada dua ruang bagi kursi rodanya. Di lantai dua terdapat 40 bangku dimana dapat menekan tombol untuk menggerakkan wiper yang dapat menyapu air dari kaca depan. Di lantai satu terdapat 20 kursi. Setiap lima tahun, Dinas Pariwisata akan mengganti bus agar tak sampai bobrok.  "Jadi nanti sebelum rusak, sebelum lima tahun baru lagi. Harusnya seperti itu," ujar Jokowi.

Tidak Akan Perparah Macet

Tahap awal didatangkan 5 bus tingkat, maka Jokowi yakin keberadaan bus-bus ini tidak akan memperparah kemacetan di jalanan ibukota. Dia pun membandingkannya dengan mobil murah akibat kebijakan pemerintah pusat. "Wong cuma lima kok, macet gimana. Kalau mobil murah, baru tuh bikin macet," ujar Jokowi.

Gratis Tapi Perlu Tiket

Untuk dapat masuk ke dalam bus ini, para pelancong tidak dipungut biaya apapun. Namun, mereka harus menyertakan tiket yang bisa diambil di hotel-hotel dan bandara di Jakarta. "Di sini nanti gratis. Jadi tiketnya akan disiapkan di bandara, di hotel-hotel, gratis tapi pakai tiket," kata Jokowi. Masyarakatpun bisa menikmati bus ini.

Adapun bus yang didatangkan dari China ini akan beroperasi sejak pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Jadi bagi para wisatawan internasional ataupun domestik, harus memiliki tiket untuk dapat menggunakannya. Makin maju Jakarta.

 

Baca juga :

Mata Air Ajaib

Testimoni : Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Forum : Kesaksian "Semua Baik"

Trik Buka Usaha Penyewaan Mainan Anak

Berbagai Jenis Soto di Indonesia (2)

Edensor, Kisah Cinta dan Mimpi Ikal di Negeri Orang

Sumber : merdeka.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami