Suno, Pengusaha Sendal yang Pernah Jadi Tukang Sol Keliling
Sumber: koran-sindo.com

Career / 16 January 2014

Kalangan Sendiri

Suno, Pengusaha Sendal yang Pernah Jadi Tukang Sol Keliling

Budhi Marpaung Official Writer
5446

Suno (58), itulah nama pengusaha pembuatan sendal asal Jawa Timur yang kini usahanya sedang bergerak naik cepat. Per hari, perusahaan yang ia jalankan mampu memproduksi sandal hingga 70 kodi.

Sebelum berada di kesuksesan sekarang ini, Suno adalah tukang sol sepatu keliling di Surabaya. Bertahun-tahun ia menjalahi jalan-jalan di sejumlah wilayah yang ada di Kota Pahlawan itu.

Ia sempat merasakan kerja di pabrik sepatu di Sukomanunggal. Namun, itu hanya beberapa waktu saja sebab keinginan berbisnis sendiri begitu kuat terasa di dalam dirinya.

Hari yang dinanti akhirnya tiba. Berbekal modal seadanya, Suno menjalankan usaha pembuatan sandal. Pada awalnya, dia sering menyerahkan proses produksi kepada orang lain. Namun, bukannya meraih untuk, ia justru menelan kerugian.

“Dalam dua bulan saya rugi sekitar Rp 3,5 juta,” ungkap Suno sebagaimana dilansir situs ciputraenterpreneurship.com.

Pengalaman pahit tersebut memaksa dirinya mengerjakan sendiri produk sandal yang ia beri merek Expo itu. Lambat laun, usahanya tumbuh. Pesanan dari pedagang grosir di Pasar Turi, Surabaya, salah satu contohnya, terus meningkat.  

“Sekarang saya sudah bisa membayar orang. Di sini ada tujuh karyawan dari tukang sol, tukang kap, dan seorang sekretaris,” kata Suno.

Dibantu anaknya yang masih lajang, Sugianto, dalam segi pemasaran produk, Suno bangga bisa memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. “Rata-rata setiap hari usaha saya ini bisa memproduksi 30 sampai 50 kodi sandal. Kalau pesanan sedang ramai, dalam sehari bisa mencapai 70 kodi,” tuturnya.

Pembekalan mengenai pembukuan dari sebuah bank swasta di Indonesia diakuinya turut membantu kemajuan usaha yang dijalaninya selama ini. Walau masih tergolong usaha kecil dan menengah, tetapi secara manajemen usaha, perusahaannya tergolong bagus.

Jangan merasa heran jika sendal Expo yang diproduksi Suno bisa diminati hingga ke Solo, Jawa Tengah.

Jika ada hal yang masih ingin diraih maka hal tersebut adalah menciptakan lebih banyak lagi lapangan kerja untuk orang-orang kecil dan susah.

Ketekunan tidak cukup untuk membangun sebuah usaha, perlu kemauan untuk mempelajari ilmu-ilmu berkaitan bisnis/usaha.


Baca juga :

Kaleidoskop 2013 : 12 Aksi Nyata Jokowi-Ahok Benahi Jakarta (1)

Doa yang Terjawab

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Agar Lebih Kuat

Radja Nainggolan Jadi Rebutan Tim-Tim Papan Atas Italia

Join IMAGO Festival 2014

3 Manfaat Kumpul Bersama Keluarga

Sumber : ciputraentrepreneurship.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami