Pesan Berantai BBM Soal Pembukaan Tanggul Ciliwung Hoax!

Nasional / 15 January 2014

Kalangan Sendiri

Pesan Berantai BBM Soal Pembukaan Tanggul Ciliwung Hoax!

daniel.tanamal Official Writer
4995

Ternyata pesan berantai melalui BlackBerry Messenger (BBM) yang beredar hari ini dengan isi bahwa Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan agar tanggul Sungai Ciliwung dibuka adalah kabar bohong alias hoax!

Basuki sendiri segera mengkonfirmasi kabar sesat tersebut dan meminta warga Jakarta tetap waspada menanggapi pesan hoax yang tidak jelas asal-usulnya. "Mana ada tanggul Ciliwung. Kalaupun ada, itu bendung Katulampa, berarti bukan tanggung jawab saya," katanya seperti dilansir Kompas.com, Rabu (15/1/2014).

Pesan berantai tersebut beredar sejak pagi ini dengan isi : "Pagi ini, Pemprov DKI Jakarta, Wakil Gubernur Basuki Cahya Purnama (AHOK) meminta maaf kepada seluruh warga Jakarta, karena terpaksa harus membuka tanggul sungai Ciliwung pagi ini Rabu, 15 Januari 2014 pukul 09.30 WIB."

Disebutkan juga dalam pesan itu bahwa pembukaan tanggul Sungai Ciliwung terpaksa dilakukan karena tanggul tersebut sudah tidak kuat menahan tekanan air yang datang dari Bandung dan Bogor. Dan menghimbau kepada warga Jakarta, khususnya di kawasan Jalan MH Thamrin, Sudirman, Pengadegan, Gatot Subroto, dan sekitarnya, untuk bersiap menghadapi status banjir Siaga 1.

Seringkali terdapat oknum tak bertanggungjawab yang menginginkan agar suasana berlangsung tidak kondusif ditengah cobaan yang sedang datang seperti banjir yang ada di Jakarta. Adalah bijak bagi setiap kita yang mempunyai smartphone untuk pintar jika menerima pesan yang tidak bertanggungjawab seperti itu dan tidak ikut menyebarluaskannya.
 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami