Rezim Assad Tepati Janji Musnahkan Senjata Kimia

Nasional / 9 January 2014

Rezim Assad Tepati Janji Musnahkan Senjata Kimia

Lois Official Writer
3163

Organisasi Pelarang Senjata Kimia (OPCW) menyatakan bahwa materi kimia prioritas, yaitu senjata kimia mulai dikirimkan keluar Suriah di laut lepas. Dikirimkan dari pelabuhan di Latakia menggunakan kapal fregat Denmark yang kini berlayar menuju perairan internasional, senjata itu dikirimkan untuk dimusnahkan.

Tindakan ini sebenarnya molor dari tenggat waktu sebelumnya. Awalnya, OPCW menetapkan tenggat waktu 31 Desember 2013 lalu untuk melakukan hal ini. Namun, akibat pertempuran, cuaca buruk, birokrasi dan masalah teknis lainnya, pemusnahan senjata kimia pun diundur.

Untuk bisa melakukan pemusnahan, pasukan rezim Bashar al-Assad harus lebih dulu menguasai kembali jalan tol yang menghubungkan Damaskus ke laut, hal ini untuk membuka jalan aman bagi pengiriman senjata kimia yang berjumlah 1.300 ton tersebut. Tidak tahu berapa jumlah bahan senjata kimia yang telah dibawa, namun OPCW mengatakan telah membawa sembilan container berisi bahan kimia paling berbahaya di Suriah.

“Kapal itu dikawal oleh Angkatan Laut Denmark dan Norwegia dan juga Republik Arab Suriah. Mereka tetap akan berada di laut untuk menunggu kedatangan material bahan kimia prioritas lainnya di pelabuhan,” ujar pernyataan OPCW.

Adapun pemusnahan itu akan dilakukan di atas kapal MV Cape Ray milik Angkatan Laut AS, dengan menggunakan alat bernama hydrolysis. Diperkirakan pemusnahan akan membuat limba hingga 7,7 juta liter. Berdasarkan kesepakatan, Suriah setuju memusnahkan seluruh senjata kimia milik mereka hingga Juni tahun ini.

Pemusnahan senjata kimia diharapkan menghentikan pemusnahan nyawa manusia di Suriah yang sia-sia melayang. Berharap rezim Assad akan terus memegang janji mereka dan damaipun ada di Suriah.

 

Baca juga :

Antara Harta dan Cinta

Adaptasi Saat Baru Menikah

Perut Buncit Bisa Buat Orang Berhenti Bernafas

7 Film Hollywood yang Berlatar Alkitab Rilis 2014

Saat Hobi Melukis 3D di Dinding Jadi Pekerjaan

Testimoni : Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Forum : Kesaksian "Semua Baik"

Mengintip Peluang Usaha Sewa Lokasi

Urutan Pertumbuhan Gigi Bayi Sejak dari Kandungan

Sumber : viva.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami