Polisi Mesir Siap Amankan Perayaan Natal Kristen Koptik

Polisi Mesir Siap Amankan Perayaan Natal Kristen Koptik

Lori Official Writer
5365

Perayaan Natal umat Kristen Koptik yang jatuh pada Selasa (7/1) hari ini diwarnai dengan pengamanan ketat oleh pihak kepolisian Mesir di seluruh gereja yang ada di wilayah tersebut.

Pihak kepolisian menempatkan sebanyak 5-10 aparat di setiap gereja. Polisi berseragam ini dilengkapi dengan senjata. Selain itu, sejumlah detektif dan petugas anti-terorisme juga turut ambil bagian. Mereka disebut akan menggelar patroli ke gereja-gereja.

Dalam proses pengamanan ini, polisi memasang perimeter di area gereja yang tidak dapat dipergunakan sebagai parkir. Melalui persetujuan Kementerian Dalam Negeri Mesir, polisi diperbolehkan menggunakan peluru tajam saat menghadapi penyerang.

“Jika polisi mendapat kepastian adanya kehadiran elemen teroris, maka mereka akan menggunakan peluru tajam,”kata seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri, Senin (6/1).  

Pengamanan ini diharapkan dapat menjamin perayaan Natal Kristen Koptik Mesir bebas dari serangan kelompok pendukung Ikhwanul Muslimin yang kerap menjadikan Kristen Koptik Mesir sebagai target sejak tergulingnya Muhammad Mursi tahun lalu. Dukungan ini juga dengan terbuka ditunjukkan oleh Presiden Interim Mesir Adly Mansour yang telah bertemu dengan Paus Tawadros pada Minggu (5/1).

Natal Kristen Koptik Mesir cukup berbeda dengan Natal yang pada umumnya digelar oleh umat Kristen di belahan negara lain. Umat Kristen Koptik merayakan Natal pada 7 Januari, mengikuti kalender Julian.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Sejarah, Presiden Mesir Kunjungi Paus Kristen Koptik

Angga Sasongko, Juri Imago Termuda yang Handal di Bidangnya

Katy Perry: Aku Bukan Orang Kristen

8 Peristiwa di 2013 yang Terkait Dengan Tuhan Yesus (2)

Pastor Perancis Dibebaskan Dari Boko Haram

Billy Simpson Hadir Di Solusi Life

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com/LS

Ikuti Kami