10 Negara Penyelamat Bumi dengan Hutan Terluas
Sumber: shutterstock

Nasional / 3 January 2014

Kalangan Sendiri

10 Negara Penyelamat Bumi dengan Hutan Terluas

Lois Official Writer
22079

Hutan merupakan alat pernafasan bagi bumi untuk dapat terus bertahan hidup, namun ulah manusia sendiri yang terkadang membuat bumi tidak dapat bernafas lega. Karena itu, hutan harus dipelihara, khususnya hutan-hutan terbesar yang dimiliki negara-negara penyelamat bumi. Negara manakah yang memiliki hutan terbesar? Berikut ini ada 10 negara yang memiliki hutan terbesar, salah satunya Indonesia.

Federasi Rusia yang berbatasan langsung dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lithuania dan Polandia, Belarus, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, China, Mongolia, dan Korea Utara dan beribukota di Moskow ini memiliki wilayah hutan seluas 7.762.602 kilometer persegi atau yang terbesar di dunia.

Brasil sebagai negara terbesar kelima di dunia, baik berdasarkan wilayah geografis dan jumlah penduduknya yang berrjuluk negeri samba itu menduduki posisi kedua dalam daftar negara dengan hutan terluas di dunia. Luas wilayah hutan di Brasil mencapai 4.776.980 kilometer persegi.

Kanada yang meurpakan negara terbesar kedua di dunia yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat ini merupakan negara terbesar ketiga dengan hutan paling banyak yaitu dengan memiliki wilayah hutan mencapai seluas 3.101.340 kilometer persegi.

Amerika atau yang disebut negara Paman Sam ini menduduki peringkat keempat dalam daftar negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Luas wilayah hutan di Amerika Serikat mencapai 3.030.890 kilometer persegi.

China adalah negara terpadat di dunia, dengan populasi mencapai lebih dari 1,35 miliar ini menduduki peringkat kelima, dimana wilayah hutan China mencapai 1.821.000 kilometer persegi.

Australia yang mempunyai daratan mencapai 7.692.024 kilometer persegi ini mempunyai luas wilayah hutan mencapai hingga 1.470.832 kilometer persegi. Ini berarti luas wilayah hutan Australia mencapai 19 persen dari luas wilayahnya.

Kongo adalah sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah. Wilayah Kongo sendiri didominasi oleh suku berbahasa Bantu. Dengan luas daratan mencapai 342.000 kilometer persegi, Kongo menempati posisi ketujuh dalam daftar sepuluh negara dengan kawasan hutan terluas di dunia. Luas hutan Kongo mencapai 1.219.326 kilometer persegi atau sekitar 52 persen dari luas wilayahnya.

Argentina merupakan sebuah republik federal yang terletak di bagian tenggara Amerika Selatan. Dengan luas daratan mencapai 2.780.400 kilometer persegi, kawasan hutan Argentina terbentang seluas 945.336 kilometer persegi. Itu berarti luas hutan negeri tango mencakup 34 persen dari luas wilayahnya.

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari sekitar 17.508 pulau. Luas daratan Indonesia mencapai 1.904.569 kilometer persegi. Sementara untuk luas hutannya, negara berbendera merah putih ini memiliki hutan seluas 884.950 kilometer persegi atau sekitar 46,46 persen dari luas wilayahnya.

India merupakan sebuah negara di Asia Selatan yang menjadi negara terbesar ketujuh berdasarkan luas wilayahnya dan menjadi negara kedua dengan penduduk terpadat di dunia, dengan populasi mencapai lebih dari 1,2 miliar orang. Luas hutan India mencapai 778.424 kilometer persegi atau sekitar 23,68 persen dari luas wilayahnya.

Itulah kesepuluh negara yang mempunyai jasa dalam mempertahankan jantung bumi agar terus berdetak. Selain itu, dukungan dari manusia juga sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan bumi tempat manusia berpijak ini.


Baca juga :

10 Langkah Komitmen Berumah Tangga (1)

Semakin Banyak Penggemar Superbook

Peluang Usaha Baru : Iklan di Tisu Toilet

Ini Dampaknya Sering Lembur

Sumber : merdeka.com by lois ho
Halaman :
1

Ikuti Kami