Pemerintah Luncurkan Email Domain Kedinasan Guna Cegah Spionase

Pemerintah Luncurkan Email Domain Kedinasan Guna Cegah Spionase

Yenny Kartika Official Writer
5418

Fasilitas email (surat elektronik) seperti Yahoo! atau Gmail yang selama ini kerap digunakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan segera diganti dengan email berdomain kedinasan, dengan tujuan mencegah spionase atau penyadapan.

@pnsmail.go.id, demikian nama domain email yang secara seragam akan digunakan PNS. Selain itu ada juga domain yang berdasarkan instansi masing-masing, seperti @kemdikbud.go.id atau @kemlu.go.id. Domain ini mulai dioperasikan per Kamis (2/1).

Menurut Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar, penggunaan email berdomain khusus ini juga termasuk usaha menertibkan jalannya birokrasi dalam lingkungan PNS. Pasalnya, selama ini pengiriman dokumen rahasia, jika menggunakan domain nonpemerintah, akan rentan disadap.

Penggunaan email berdomain kedinasan ini telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah 82/2013 dan diatur dalam Peraturan Presiden 81/2010. Ketentuan ini juga diperkuat dengan Surat Edaran PAN-RB 6/2013.

PNS akan menikmati sejumlah layanan dari email berdomain kedinasan ini, antara lain data storage sampai dengan 1 Gigabyte, perlindungan dari spam dan virus, konektivitas dengan webste instansi terkait, dan akses via ponsel maupun tablet.

 

BACA JUGA:

Awali Tahun Baru dengan Resolusi Sehat Ini!

Lima Kiat Jitu Keuangan Mantap di Tahun 2014

Presiden SBY Bersyukur Natal dan Tahun Baru Aman

Istri adalah Berkat dari Tuhan

Sumber : JPNN/yk

Ikuti Kami