Latvia Rayakan Tahun Baru Dengan Ganti Mata Uang

Latvia Rayakan Tahun Baru Dengan Ganti Mata Uang

Puji Astuti Official Writer
4772

Ada yang unik dalam pergantian tahun kali ini di Latvia, sebuah negara dengan penduduk sekitar 2 juta jiwa di wilayah Baltik, Eropa Utara. Jika selama ini mata uang mreka adalah Lats maka per 1 Januari 2014 tepat pukul 00.00 mereka berganti mata uang menjadi Euro.

Sekalipun Latvia telah bergabung dengan zona Uni Eropa pada 1 Mei 2014, namun baru hari ini pemerintah Republik Latvia mengambil langkah penting untuk memasuki zona euro.

"Bergabung (ke zona) euro menandai selesainya perjalanan Latvia kembali ke jantung politik dan ekonomi benua kami, dan itu adalah sesuatu bagi kita semua untuk merayakannya," demikian ujar Olli Rehn, Komisaris Uni Eropa yang bertanggung jawab atas urusan ekonomi dan moneter.

Walau demikian banyak warga Latvia yang masih menolak pergantian mata uang ini, hal ini karena bagi banyak warga Latvia, Lats bukanlah sekedar mata uang saja namun juga simbol kemerdekaan mereka dari Rusia. Latvia menyatakan merdeka pada 18 November 1918 dan bbaru mendapat pengakuan pada 1921, namun setelah itu menjalani masa panjang pergantian pendudukan mulai dari Jerman NAZI hingga Soviet. Akhirnya kembali mengumumkan pemulihan kemerdekaan mereka pada 21 Agustus 1991.

Selain memiliki nilai sejarah yang kuat, masyarakat Latvia kuatir pergantian mata uang akan menimbulkan ketidakstabilan ekonomi mengingat krisis ekonomi yang melanda negara-negara Uni Eropa lainnya. Negara ini termasuk negara miskin di zona eropa, para pakar juga mengkuatirkan Latvia dimanfaatkan untuk pencucian uang dari Timur Tengah. Hal ini muncul setelah apa yang terjadi di Syprus, negara kecil yang perekonomiannya hancur di duga kuat menjadi tempat pencucian uang dari Rusia.

Banyak cara dilakukan untuk merayakan pergantian tahun, namun semuanya dengan harapan bahwa di tahun baru 2014 ini terjadi perubahan yang lebih baik, demikian juga dengan negara Latvia. Optimisme, doa dan kerja keraslah cara untuk mewujudkan semua harapan itu menjadi nyata.

Baca juga : 

Kapolri : Teroris Sedang Merakit Bom Untuk Natal dan Tahun Baru

Tahun Baru, Harapan Baru

Makanan Tahun Baru di Jepang

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Mempersiapkan Liburan Tahun Baru yang Tak Terlupakan

Kaleidoskop 2013 : 12 Aksi Nyata Jokowi-Ahok Benahi Jakarta (1)

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami