Tentara Israel Ikut Menari Di Pesta Warga Palestina

Nasional / 1 September 2013

Kalangan Sendiri

Tentara Israel Ikut Menari Di Pesta Warga Palestina

daniel.tanamal Official Writer
3328

Kejadian unik yang menunjukan bahwa warga Israel dan Palestina tidak selamanya bermusuhan terlihat dalam sebuah video yang terekam kamera ponsel dan kemudian diupload di Youtube, dimana sekelompok pasukan elite Israel ikut menari dalam sebuah pesta pernikahan warga Palestina di Hebron.

Rekaman yang disiarkan di televisi Israel Channel 2, Rabu (28/8) itu memperlihatkan pasukan dari Brigade Givati ikut menari saat kerumunan pesta sedang menyetel lagu Gangnam style. Dalam rekaman itu, seorang tentara, dengan seragam lengkap dan memanggul senjata di bahu sedang bersukaria saat kerumunan yang antusias itu menari dengan iringan musik tersebut.

Setelah interaksi yang ramah, pasukan tersebut pergi dari tempat itu dengan tenang. Hal itu terjadi ketika mereka tak sengaja melewati tempat perayaan pernikahan di kota Palestina di daerah Tepi Barat bagian selatan itu. Namun para perwira tinggi militer Israel yang mengetahui hal ini segera melakukan penyelidikan dan menganggap hal tersebut adalah kesalahan karena "membiarkan diri berada dalam bahaya yang tidak perlu".

Tetapi seorang mantan tentara Israel, Seth Freedman mengecam para perwira tinggi militer karena menghukum para prajurit itu. Ia justru memuji penilaian kemanusiaan para tentara itu karena telah menunjukkan belas kasih dan keramahan. Menurut Seth, tindakan para prajurit itu tidak menempatkan diri mereka dalam bahaya. Mereka justru masuk ke dan keluar dari situasi itu tanpa ada permusuhan atau kekerasan.

"Singkirkan buku aturan militer, rekaman tarian pernikahan itu merupakan kesepakatan untuk memanusiakan kedua belah pihak dari konflik yang tak berkesudahan, (peristiwa itu) menunjukkan bahwa di akar rumput tidak setiap pertemuan antara warga Israel dan Palestina ditakdirkan untuk berakhir dalam kegetiran, pertumpahan darah, dan tuduh-menuduh," kata Seth di The Guardian.

Seth menambahkan bahwa sudah merupakan perilaku dan kebijakan mereka di pucuk pimpinan IDF dan Knesset yang membuat semua orang Israel dan Palestina ada pada bahaya yang tidak perlu, dan mereka bisa belajar banyak dari jembatan pesta yang dibuat pasukan yang ikut menari tersebut.

 

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami