Kizhi Pogost, Gereja Kayu Tertinggi Warisan Budaya Dunia

Kizhi Pogost, Gereja Kayu Tertinggi Warisan Budaya Dunia

Lori Official Writer
3982

Gereja yang terletak di danau Onega, kepulauan kecil bernama Kizhi di Rusia ini adalah gereja yang dibangun pada abad ke-17. Gereja yang bernama Kizhi Pogost ini dinobatkan sebagai warisan budaya untuk kategori gereja kayu tertinggi di dunia oleh UNESCO pada tahun 1990.

Berdasarkan sejarahnya, Kizhi Pogost telah berusia 150 tahun sejak berdiri pada tahun 1862.  Desain yang unik dan indah dijadikan sebagai daya tarik bagi para jemaah untuk datang beribadah. Julukan lain bagi gereja ini adalah kiblat para peziarah dari gereja-gereja Kristen Ortodoks Timur.

Gereja Ortodoks ini berdiri di atas lahan seluas 123 meter dan tepat berada diantara wilayah perbatasan Rusia dan Finlandia. Gereja ini seluruhnya menggunakan kayu sebagai bahan utama baik atap, dinding, mur maupun bautnya. Kayu-kayu yang digunakan seperti kayu pinus, spruce dan aspen.

Gereja ini memiliki 22 cupolas atau kubah yang menyerupai kubah mesjid. Kubah tertinggi mencapai 121 kaki atau sekitar 36.88 meter. Bahkan untuk bagian ini, teknik konstruksinya hanya menggunakan sistem kait mengait antar kayu sebagai bahan utama atau dikenal dengan interlocking wooden joinery. Sementara, sisi lain yang tak kalah indah adalah struktur dalam gereja berhiaskan tampilan dari 102 ikon agama abad ke-17 dan 18.

Banyak bangunan-bangunan bersejarah yang ternyata tidak kita ketahui, Kizhi adalah bukti dari sejarah gereja yang pernah ada, warisan dunia yang diakui dan patut dilestarikan.


 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tiga Gereja dan Mesjid Berdiri Satu Dinding dan Berdampingan

Vatikan Kekurangan Jumlah Pastor?

Turbo, Ketika Mimpi Seekor Siput Terwujud Lewat Keajaiban

Resep Minuman Berbuka Puasa: Es Campur Kacang Merah Rumput Laut

Tips Bisnis: Muliakan Tuhan dengan Bisnismu!

Sumber : Tempo.co | Jawaban.com | lori
Halaman :
1

Ikuti Kami