Jemaat GITJ Dermolo Akhirnya Bisa Beribadah Lagi di Gedung Sendiri

Jemaat GITJ Dermolo Akhirnya Bisa Beribadah Lagi di Gedung Sendiri

Budhi Marpaung Official Writer
3384

Setelah sempat dihentikan sementara oleh karena aturan Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, jemaat Gereja Injili di Tanah Jawa (GITJ) di Desa Dermolo, Kecamatan Kembang akhirnya diizinkan kembali menggunakan gedung yang biasa digunakan untuk tempat beribadah.

Namun begitu, izin pemanfaatan gedung yang diberikan Pemkab Kediri tersebut hanyalah sementara atau lebih tepatnya hanya sampai dua tahun saja. Jika sudah berakhir maka pemkab akan mengevaluasi kembali. 

Pemimpin GITJ di Desa Dermolo, Theofilus Tumijan, menyatakan izin penggunaan tempat ibadah memang ada aturannya. Hanya saja, ucap Theo, aturan itu untuk rumah biasa yang digunakan untuk tempat ibadah. Sementara, Gereja Dermolo bukanlah rumah tapi memang sudah berbentuk gereja.

Meski begitu, ungkap Theo, pihak Gereja Dermolo tetap akan menerima keputusan Bupati.

Sebelumnya, pada pertengahan Desember 2013 lalu Pemkab Jepara menghentikan sementara Gereja Dermolo melalui surat bernomor: 452.4/7431 tertanggal 16 Desember yang ditandatangani Setda Pemerintahan Kabupaten Jepara Sholih.

Adapun dasar hukum Pemkab Jepara melakukan hal itu kepada Gereja Dermolo adalah Peraturan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri tentang pedoman pelaksanaan tugas kepala daerah dalam pemeliharaan kerukunan umat beragama, pembentukan forum kerukunan umat beragama dan pendirian rumah ibadah.

Disampaikan di dalam surat itu, salah satu syarat yang belum dipenuhi oleh GITJ di Desa Dermolo adalah aturan jumlah jemaat sebanyak 90 orang. Dari data yang dimiliki Pemkab, jemaat GITJ di Desa Dermolo baru 29 orang yang artinya jumlah itu masih jauh dari ketentuan yang ada.

"Mengingat keberadaan gereja tersebut (Dermolo) belum memenuhi syarat sebagaimana ketentuan pada angka 1 (SKB) maka diminta untuk menghentikan sementara aktivitasnya," demikian sepenggal bunyi surat yang diterima pihak GITJ di Desa Dermolo.

Tuhan pasti buka jalan di saat kita menghadapi persoalan. Oleh sebab itu, tetaplah terus bersandar dan percaya kepada-Nya.

 

Baca juga : 

Gereja Katolik Polandia 'Tolak' Toleransi Pada Pedofilia

Jack Sim, Pemilik 16 Perusahaan yang Banting Stir Jadi Pekerja Sosial

Berdoa di Dalam Hutan

Mujizat Kesembuhan Terjadi Dalam Hidupku

Thread Forum JC : Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI 

Sumber : tempo.co / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami