Unik, Bangunan Ini Lebih Mirip Kuil Dibanding Gereja

Unik, Bangunan Ini Lebih Mirip Kuil Dibanding Gereja

Lori Official Writer
4400

Graha Maria Annai Velangkanni yang terletak di Jalan Sakura III, Tanjung Selamat, Medan lebih mirip seperti kuil India dibanding dengan gereja. Gereja bentuk menara ini menjadi gambaran dari ragam suku yang terdapat di Indonesia. Tak heran bila pendatang yang pertama kali berkunjung akan menyangkanya kuil umat Hindu.  

Untuk diketahui, gereja ini awalnya dibangun oleh pendatang dari Tamil, India Selatan. Arsitekturnya digagas oleh Pastor James Bharata Putra SJ. Gereja ini mulai dibangun sejak 2001 dan selesai pada 2005 silam. Nama Annai Velangkani diambil dari bahasa India. Annai berarti bunda dan Velangkani berarti desa di mana bunda Maria menampakkan diri pada abad ke-17 bagi umat Katolik di India.

Hal unik dari gereja menara dengan dua lantai utama ini diantaranya dilengkapi dengan arsitektur Mogul khas kuil India. Begitu pun dengan beragam gambar-gambar dan lukisan warna warni di dalam ruangan serta miniatur rumah adat Batak Karo dan Toba yang siap menyambut di depan gerbangnya. Sementara dinding-dindingnya, dipenuhi dengan relief-relief tentang kisah penyaliban Yesus Kristus.

Ragam keunikan gereja Annai Velangkani ini justru tidak menutup diri dijadikan sebagai objek wisata spiritual di kota Medan. Sebab itu, gereja ini selalu ramai oleh pengunjung.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah 5 Tradisi Unik Natal di Afrika (2)

Perayaan Natal Oikumene Sumut 2013 Akan Digelar 28 Desember Mendatang

Alasan Toleransi, Sekolah ini Ubah Lirik 'Silent Night'

1.150 Benda Asal Indonesia Ada di Museum Vatika

Seorang Ayah di Italia Ubah Jasad Anaknya Menjadi Berlian 

Tuhan Memulihkan Rumah Tangga Kami

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami